PENERAPAN MOBILISASI DINI BAGI IBU POST SECTIO CAESAREA DI RSU SARI MUTIARA MEDAN 2020

Main Article Content

Yunida Turisna
Masriati Panjaitan

Abstract

Persalinan melalui Sectio Caesarea (SC) dilakukan dengan membuat sayatan di dinding rahim, sehingga menyebabkan adanya luka bekas operasi yang cukup besar. Luka bekas operasi ini seringkali membuat ibu merasa khawatir dan takut untuk melakukan pergerakan, selain itu luka tersebut juga menimbulkan nyeri pada ibu. Akibatnya ibu cenderung lebih memilih berbaring saja dan tidak mau melakukan mobilisasi secara dini setelah operasi. Mobilisasi dini sangatlah penting bagi ibu post Sectio Caesarea karena dapat membantu proses penyembuhan luka operasi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melihat gambaran penerapan mobilisasi dini pada ibu Post Sectio Caesarea di ruangan Dahlia Rumah Sakit Umum Liun Kendage Tahuna. Pengabdian  ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan proses keperawatan kepada 3 klien post Section Caesarea yang dilakukan mobilisasi dini dan telah dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 19 oktober  2020. Instrumen pengabdian  menggunakan format pengkajian keperawatan maternitas, lembar observasi, dan SOP penerapan mobilisasi dini. Data pengabdian  disajikan dalam bentuk tabel disertai dengan penjelasan secara narasi. Hasil pengabdian  diperoleh bahwa ketiga klien mampu melakukan mobilisasi dini sesuai tahapan mobilisasi, walaupun terdapat sedikit hambatan pada salah satu klien di salah satu tahapan. Dapat disimpulkan bahwa semua klien mampu melakukan mobilisasi dini dengan baik. Perawat sebaiknya selalu menerapkan mobilisasi dini sebagai salah satu perawatan pada ibu post sectio casarea.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aisyah S dan Budi T. 2011. Hubungan Pengetahuan tentang Mobilisasi Dini dengan Tindakan Mobilisasi Dini pada Ibu Nifas 1 Hari Post SC. Artikel. Jurnal Midpro Edisi 1.
Fitri Milla, Trisyani Mira, dan Maryati Ida. 2012. Hubungan Intensitas Nyeri Luka Sectio Caesarea Dengan Kualitas Tidur Pada Pasien Post Partum Hari Ke – 2 Di Ruang Rawat Inap RSUD Sumedang. Artikel. Diakses di http://jurnal.unpad.ac.id tanggal 05 April 2017.
Hartati, Setyowati dan Afiyanti, Y. 2014. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Ibu Postpartum Pasca Seksio Sesarea Untuk Melaksanakan Mobilisasi Dini di RSCM. Jurnal Keperawatan Volume 5 Nomor 2 Juli 2014 e-ISSN 2443-0900 http://ejournal.umm.ac.id
Kementerian Kesehatan RI. 2013. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2013. JakrtaBadan Litbang Kesehatan diakses di www.litbang.depkes.go.id
Kurnia Indriyanti. 2013. Efektivitas Mobilisasi Dini terhadap Penyembuhan Luka Post SC. Artikel. Jurnal Keperawatan dan Kebidanan Volume 1 nomor 2.

Mustikarini Yola, Purnani Weni, dan Mualimah Miftakhul. 2016. Pengaruh Mobilisasi Dini Terhadap Penyembuhan Luka Post Sectio Caesaria di RS Aura Syifa Kabupaten Kediri. Jurnal Kesehatan Universitas

Muhamadiyah Surakarta https://doi.org/10.23917/jk.v12i1.8957
Putinah. 2010. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kemandirian Ibu Post SC di RS Islam Siti Khadijah PalembangTahun 2010. Artikel. Jurnal Keperawatan Bina Husada Volume 10 Nomor 3 November 2014 ISSN 1829-9377.
Salamah, S. 2015. Hubungan Mobilisasi Dengan Pemulihan Luka Post Sectio Caesarea Di Rumah Sakit Panembahan Senopati Bantul.
Naskah Publikasi. Diakses di http://digilib.unisayogya.ac.id tanggal 05 April 2019.
Sihombing N, Ika S, dan Dwi S. 2017. Determinan Persalinan Sectio Caesarea di Indonesia (Analisis Lanjut Data Riskesdas 2013).
Jakarta : Pusat Penelitian dan Pengembangan Upaya Kesehatan Masyarakat Badan Litbang Kesehatan.
Simangunsong Rimayanti, Rottie Julia, dan
Hutauruk Minar. 2018. Hubungan Mobilisasi Dini Dengan Proses Penyembuhan Luka Post Sectio Caesarea Di RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. e-Journal Keperawatan Volume 6 Nomor 1
Februari 2018.
Sumarah, Marianingsih Endah, Kusnanto Hari, dan Haryanti Wiworo. 2013. Pengaruh
Mobilisasi Dini Terhadap Penyembuhan Luka Post Sectio Caesarea. Jurnal
Keperawatan diakses di www.ejournal.stikesmukla.ac.id tanggal 05 April 2019.
Sumaryati, Widodo Gipta, dan Purwaningsih Heni. 2018. Hubungan Mobilisasi Dini dengan Tingkat Kemandirian Pasien Post Sectio Caesarea di Bangsal Mawar RSUD Temanggung. Artikel. Indonesia Journal of Nursing Research Volume 1 Nomor 1 e-ISSN 2615-6407.
Takasihaeng, M. 2018. Penerapan Mobilisasi Dini Pada Ibu Post Partum dengan Sectio Caesarea di RSUD Liunkendage Tahuna. KTI. Jurusan Kesehatan Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Nusa Utara.