DISINFEKTAN RUMAH IBADAH DAN PENDIDIKAN KESEHATAN PENCEGAHAN COVID-19 DI MESJID AR-RIDHO JALAN BUDI LUHUR LINGKUNGAN I KELURAHAN DWI KORA

Main Article Content

Dicky Yuswardi Wiratma
Sinarsi Sinarsi
Jon Kenedy Marpaung

Abstract

Covid-19 adalah penyakit yang menginfeksi saluran pernapasan yang diakibatkan oleh virus SARS-Cov-2. Virus ini umumnya menyebar melalui kontak fisik dan percikan (droplets) dari batuk, bersin, dan saluran pernapasan seperti hidung dan mulut. Bahkan saat ini WHO telah mengumumkan bahwa penyebaran dari Covid-19 dapat melalui udara. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk  mencegah  penularan  Covid-19,  salah  satunya  tidak  bepergian  ke  daerah  pandemi  virus, menjalan  kan  PHBS,  mencuci  tangan  setelah  bepergian  keluar  rumah, menyemprotkan  cairan disinfektan ke barang-barang yang beresiko menularkan virus. Mesjid Ar-Ridho Jalan Budi Luhur Lingkungan I salah satu tempat ibadah umat muslim yang tetap melaksanakan kegiatan peribadahan meskipun terjadi pandemi, oleh karena itu diperlakukan kegiatan yang dapat memutus rantai penularan salah satunya dengan penyemprotan disinfektan di lingkungan mesjid khususnya di dalam ruangan ibadah. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan sebagai langkah untuk menjaga kebersihan lingkungan serta mencegah penularan Covid-19 di lingkungan Mesjid Ar-Ridho. Kegiatan ini dilakukan dengan metode mengunjungi lokasi bersama lurah, masyarakat dan pengurus mesjid, melakukan penyemprotan dan diakhiri dengan foto bersama. Hasil penelitian ini di respon baik karena dapat mencegah penyebaran virus Covid-19. Berdasarkan hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa penyemprotan ini memiliki pengaruh yang baik terhadap pencegahan virus Covid-19 di lingkungan sekitar mesjid Ar-Ridho.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

CDC, 2020. Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Diakses tanggal 20 Agustus 2020 dari : https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/index.html.
Manado, T.N. (2020). Tribun News Manado. (Diakses dari: https://manado.tribunnews.com/2020/03/28/cara-mudah-membuat-desinfektan-menggunakan-cairan-karbol-air-bisa-di-coba?page=4.
Marzuarman, M., Hadi, A., & Lianda, J. (2020). Bilik Disinfektan Berbasis Ozon (Tanpa Cairan Kimia) Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 Di Lingkungan UPT Puskesmas Desa Pematang Duku Bengkalis. TANJAK, 1 (1).
Media Indonesia. 2020. Efektifkah Penyemprotan Disinfektan Untuk Atasi Covid-19? (Diakses tanggal 20 Agustus 2020 dari: https://mediaindonesia.com/read/detail/298663-efektifkah-penyemprotan-disinfektan-untuk-atasi-covid-19)
Rismana, Eriawan m.s. 2002. “Bahan Disinfeksi”. dikutip dari http://www.pikiran rakyat.com. diakses tanggal 12 Agustus, 2020.
WHO, 2020. Modes of Transmission of Virus Causing COVID-19: Implications for IPC Precaution Recommendations. (Diakses dari: https://www.who.int/newsroom/commentaries/detail/modes-of transmission-of-virus-causing-covid-19-implicationsfor-ipc-precaution-recommendations.