PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI CAIR UNTUK SISWA SMA KELAS XII DI LEMBAGA BIMBINGAN ONE SCIENCE INSTITUTE MEDAN

Main Article Content

Maniur Arianto Siahaan
Dyna Grace Romatua Aruan

Abstract

Dalam metode ini, siswa belajar suatu teori sambil mengerjakan aplikasinya. Dalam melakukan apa yang hendak dipelajari, dengan sendirinya ia akan menguasai gerakan-gerakan atau perbuatan-perbuatan yang tepat, sehingga ia bisa menguasai suatu hal yang dipelajari itu dengan sempurna. Oleh karena materi pelajaran kimia umumnya bersifat abstrak maka diperlukan suatu kegiatan pelatihan di sekolah yang dapat memfasilitasi para siswa untuk langsung mempraktekkan ilmu kimia yang telah diperolehnya dari sekolah. Pembuatan sabun cair bertujuan untuk menarik minat siswa dalam mempelajari ilmu kimia dan mengaplikasikan teori pelajaran yang diperolehnya di sekolah. Kegiatan ini dilakukan melalui tahapan-tahapan yaitu tahapan pertama adalah pendahuluan, tahapan kedua adalah tahapan sosialisasi, tahapan ketiga adalah pembuatan sabun cuci cair dan tahap evaluasi akhir. Adapun target yang ingin dicapai dalam pengabdian masyarakat ini adalah, dalam pelaksanaannya anak sekolah SMA kelas XII mampu membuat sabun cuci tangan cair, dan mengerti aplikasi dari teori yang didapat dari pembelajaran bidang studi Kimia di sekolah. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, diperoleh hasil yang positif yaitu peserta menunjukkan perhatian yang baik terhadap materi dan dapat menerapkan pembuatan sabun cuci  cair dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Haryanto, Tri.1994. Membuat Sabun dan Deterjen. Jakarta: Penebar Swadaya.
Prawironegoro, Wijayokusumo. 1978. Resep-Resep Industri Jilid I. Yogyakarta:
PTNurcahya.
Soegeng.1975. Seri Industri, pendidikan Keterampilan Jenis Barang-Barang keperluan Sehari-hari. Jakarta: PT KaryaNusantara.
Aziz, I., 2008. Kinetika Reaksi Transesterifikasi Minyak Goreng Bekas. Jurnal Valensi, Edisi I, Prodi Kimia, FST UIN Syahid Jakarta. Hal : 9-23
Harnawi, T. 2004. Studi Pembuatan Sabun Cair dengan Bahan Baku Minyak Goreng Hasil Reproseing. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Malang.
Pgalihteapgalihtea. 2015. 3 Manfaat Formula Sabun Cair Cuci piring dari
Sunlight.https://baritako.wordpress.com/2015/06/26/3-manfaat-formula sabun cair-cuci-piring-dari-sunlight/, diakses tanggal 4 Februari 2021