PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KOMUNITAS BELAJAR DTSE

Main Article Content

Ordekoria Saragih
F. Ari Anggraini Sebayang
Arman Bemby Sinaga

Abstract

Dare to Speak English (DTSE) merupakan salah program komunitas belajar yang diselenggarakan oleh LKP Pistar Medan secara daring bagi para pembelajar Bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan berbicara. Keikutsertaan peserta dengan level pemahaman dan kemampuan bahasa Inggris yang berbeda menjadi kendala terutama dalam hal partisipasi dan keaktifan peserta dalam setiap pertemuannya. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sebagai satu usaha untuk meningkatkan partisipasi dan keaktifan para peserta DTSE. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan secara daring dengan menggunakan platform Google meet. Penerapan model pembelajaran CTL dilaksanakan pada setiap pertemuan DTSE di hari Sabtu selama periode September-Oktober 2020. Pada setiap pertemuan, kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Berdasarkan hasil evaluasi, penerapan model pembelajaran CTL pada kegiatan pengabdian masyarakat terhadap komunitas belajar DTSE mampu meningkatkan keaktifan dalam topik-topik diskusi yang diberikan. Selain itu, CTL juga mampu meningkatkan motivasi dan pandangan positif peserta dalam mengembangkan kemampuan berbicara (speaking skill).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Annisa, S. (2015). Teaching speaking in English using Contextual Teaching and Learning. English Education Journal, 6(4), 497-510.
Lubis. 2017. Pengaruh model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN 105292 Bandar Klippa. Skripsi PGSD, FIP UNIMED
Trianto. (2016). Mendesain Model pembelajaran Inovatif-Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.
Wati, N., M. 2015. Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Motivasi belajar IPA Siswa Kelas V SD Kebondalembor. Skripsi. PGSD, FIP Universitas Negeri Yogjakarta
Wiyono, B.H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11-17.