PELATIHAN GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Main Article Content

Burhanuddin Damanik
Dini M Hutagalung
Salomo Sijabat

Abstract

SMK Swasta Masehi merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang terletak di Sibolangit Kabupaten Deliserdang Propinsi Sumatera Utara. Dengan keluarnya kebijakan pemerintah  untuk  belajar,  bekerja  dan  beribadah di rumah, maka mau tidak mau guru dan siswa harus memanfaatkan  teknologi informasi dan komunikasi untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran  di rumah. Namun permasalahannya apakah semua guru dan siswa di negara kita ini mampu menggunakan aplikasi – aplikasi tersebut?  Salah satu cara untuk memberikan solusi maka  Program Studi Sistem Informasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan mengadakan pengabdian masyarakat bagi guru di SMK Swasta Masehi untuk pelatihan pemanfaatan Google Form dalam pembelajaran jarak jauh. Dimana google form merupakan aplikasi google bebas bayar yang fungsi utamanya untuk membuat formulir baik untuk pengumpulan informasi maupun kuis secara online. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Nopember 2020 berlokasi di SMK Swasta Masehi Sibolangit. Hasil dari kegiatan ini untuk menambah pengetahuan pemanfaatan googleform dalam pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Asmani, Jamal Ma'mur. 2011. Tips Efektif pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan. Jogjakarta: DIVA Press.
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.
Sutjiono, Thomas Wibowo Agung, 2005, Pendayagunaan Media Pembelajaran, (Jurnal Pendidi- kan Penabur - No.04 / Th.IV / Juli 2005.
http://habibganetmeml.blogspot.com/2018/05/pemanfaatan-google-form-dalam.html
https://www.liputan6.com/news/read/4199754/kemendikbud-keluarkan-2-surat-edaran- pencegahan-virus-corona-ini-isinya