PKM CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SMA SWASTA MUHAMMADIYAH-2 MEDAN TAHUN 2020

Main Article Content

Tiara Rajagukguk
Arman Bemby Sinaga
Ernawati Barus

Abstract

Mencuci tangan adalah kata-kata yang sudah sangat familiar dalam pendengaran kita, termasuk pada peserta didik mulai tingkat Taman Kanak-kanak hingga Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Namun, kata yang sudah terbiasa terdengar ini ternyata tidak menjadi jaminan kalau cuci tangan ini sudah dipahami sebagai sebuah proses pencegahan penyakit dan sebagai suatu pola hidup sehat, steril dan higienis  yang perlu diterapkan sehari-hari. Tidak hanya itu, para peserta didik di tingkat SLTA pun ternyata masih membutuhkan penyuluhan prosedur cuci cuci tangan yang benar. Karena itu, laporan Pengabdian kepada masyarakat memuat laporan pelaksanaan cuci tangan dengan sabun yang benar dilakukan di SMA SWASTA MUHAMMADIYAH-2 MEDAN Jl. Abdul Hakim No. 2 Tanjung Sari.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Balitbankes. 2013.Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas): Departemen Kesehatan Republik Indonesia:Jakarta
Departemen Kesehatan RI. (2011). Cuci Tangan Pakai Sabun Dapat Mencegah Berbagai Penyakit.http://www.depkes.go.id.Diakses 13 Januari 2012.
Kementerian Kesehatan RI. 2014..Info Datin: Perilaku Mencuci TanganPakai Sabun di Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI:Jakarta
Setyaningrum,R.2015.Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa SDN Batuah I Dan Batuah II Pagatan.Jurnal Berkala Kesehatan: Lampung.
Wikipedia.2017.Mencucitangan.https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:2vxagfasBOwJ:https://id.wikipedia.org/wiki/Mencuci_tangan+&cd=4&hl=id&ct=clnk&gl=id.Diakses 2 Desember 2017.