PENINGKATAN KEBERDAYAAN PETUGAS BANDARA KUALA NAMU INTERNATIONAL AIRPORT (KNIA) DALAM MENCEGAH COVID 19 TAHUN 2020

Main Article Content

Frida Lina Tarigan
Ivan Elisabeth Purba
Daniel Ginting

Abstract

Dari survey awal dilihat melihat bahwa petugas di bandara Kualanamu tidak semua rutin menggunakan Alat  Pelindung Diri (APD) khususnya masker selama bekerja.  Begitu juga tindakan mencuci tangan jarang dilakukan. Tidak menggunakan APD saat bekerja, ataupun tidak mencuci tangan setelah melakukan pekerjaannya ada beberapa kemungkinan antara lain tidak adanya SOP yang mengharuskan menggunakan APD dan mencuci tangan, ada SOP tapi pengawasan yang minim dan tidak adanya sanksi ataupun  teguran yang diberikan kepada petugas, sarana dan prasarana yang  kurang, kurangnya kepedulian untuk menggunakan APD dan mencuci tangan yang  berkaitan dengan perilaku seseorang. Di Bandara petugas bandara Kualanamu yang berhadapan langsung dengan penumpang/pengunjung bandara Kualanamu  yang jumlahnya lebih dari 10000 orang per hari sangat rentan tertular penyakit menular Covid-19 maka sangat dibutuhkan upaya peningkatan keberdayaan petugas bandara untuk terhindar dari COVID 19. Metode kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pendampingan dan pembinaan dalam pencegahan COVID 19 , dengan beberapa tahapan yaitu: pendampingan petugas kebersihan dan kesehatan pelabuhan dalam melakukan analisis situasi, melakukan tahapan advokasi kepada pimpinan dari masing masing petugas kesehatan, tahapan pemberdayaan petugas kebersihan dan petugas Kesehatan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Pemberdayaan Petugas Bandara Kuala Namu International Airport (KNIA)  Dalam Mencegah Covid 19 Tahun 2020 ini telah dilaksanakan dengan baik, dimana semua pihak yang terlibat sangat antusias dan berperan aktif dalam kegiatan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Kasus Covid-19 di Medan, (2020). https://waspada.co.id/2020/06/update-covid19-kota-medan-23-juni-total-positif-tembus-800-kasus/
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, S. U. (2020). Data Covid-19 di Sumatera Utara. humas.sumutprov.go.id. https://bpbd.sumutprov.go.id/?s=data+23+juni
Hans, T. (2020). Virus Corona Baru Covid-19 Kenali, Cegah, Lindungi Diri Sendiri & Orang Lain (pertama). Rapha Publishing.
Protokol Kesehatan Masyarakat di Tempat Dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19), Kementerian Kesehatan RI ___ (2020).
Indonesia, M. K. R. I. (2020). Protokol Pengawasan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri. Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/382/2020.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kantor Kesehatan Pelabuhan, K. I. M. (2018). Profil Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan.
Kemenkes RI, D. P. dan P. P. (2020a). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19). Kemenkes RI, D. P. dan P. P. (2020b). Standar Alat Pelindung Diri. Kementerian Kesehatan, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.
Ketaren Otniel. (2017). Kesehatan Lingkungan Dalam Penanggulangan Bencana & Pengungsi. USU Press. http://usupress.usu.ac.id Lilis, M., Anif, P., & Sri, N. (2019). Epidemiologi Untuk Perekam Medis (Pertama). Indomedia Pustaka.
Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Coronavirus Disease Covid19, Revisi Kedua Jakarta : Kementerian Kesehatan RI, Tanggal 6 Juni 2020
Surat Edaran Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (Covid-19) Revisi Ke-4, Jakarta : Kemenkes RI, 2020)
Wenhong Zhang, Panduan Pencegahan Dan Pengawasan Covid-19, Profesor, 2020 Profil Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Medan Tahun 2019