WORKSHOP PELAPORAN DAN PENGISIAN SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) TAHUNAN PAJAK PENGHASILAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI BAGI DOSEN STT BAPTIS MEDAN

Main Article Content

Renika Hasibuan
Heri Enjang Syahputra
Owen De Pinto Simanjuntak

Abstract

Program pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman mengenai perpajakan khususnya pelaporan dan pengisian surat pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi ditujukan untuk para dosen STT Baptis Medan. Masalah yang dihadapi adalah sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) tetapi masih terkendala masalah pelaporan SPT Tahunan karena minimnya pengetahuan mengenai tata cara perhitungan dan pengisian SPT Tahunan. Objek pengabdian masyarakat ini adalah seluruh dosen STT Baptis Medan. Solusi yang diberikan berupa pelatihan pengisian SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi. Luaran pengabdian ini adalah dengan diadakannya pelatihan ini para peserta memahami pelaporan dan pengisian SPT Tahunan Pajak Penghasilan Wajib Pajak Orang Pribadi secara mandiri serta memahami kewajiban perpajakan yang harus dilakukannya saat ini dan kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan
Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan
Mardiasmo. 2017. Perpajakan. Yogyakarta: Andi Offset
https://www.online-pajak.com/seputar-efiling/spt-surat-pemberitahuan
Direktorat Jenderal Pajak. 2020. Formulir SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi. (www.pajak.go.id)
efiling.pajak.go.id
Idham,Muhammad dan Nurdin Hidayat. 2018. Pelatihan Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Bagi Anggota KPRI Khawan Kecamatan Pardasuka Kabupaten Pringsewu. Volume 3 No. 1(2018). Adiguna.