PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BAGI SISWA USIA 15-18 TAHUN DESA KWALA BEGUMIT MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR)

Main Article Content

Maitri Rahmadhani

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris sudah sejak lama dilakukan dan masuk dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Dalam perkembangannya, kini bahasa Inggris merupakan satu-satunya mata pelajaran wajib bahasa asing yang diajarkan mulai dari Sekolah Menengah Pertama hingga ke Sekolah Menengah Atas. Selama sekitar 6 tahun belajar bahasa Inggris, umumnya siswa masih belum dapat berbahasa Inggris secara lisan dengan asumsi bahwa pembelajaran bahasa Inggris yang mereka dapatkan hanya difokuskan untuk memenangkan tes tertulis yang hanya mengacu pada aspek gramatikal/tata bahasanya saja. Sedangkan kemampuan komunikasinya tidak terlatih. Siswa khawatir terhadap kesalahan yang akan dilakukannya ketika hendak berbicara bahasa Inggris disebabkan oleh aturan tata bahasa yang telah menjadi fokus utama pembelajaran bahasa Inggris di Sekolah. Dengan menggunakan Metode Total Physical Response, pengabdi mencoba membantu siswa mempelajari bahasa Inggris. Hasil yang ditunjukkan selama kegiatan belajar-mengajar berlangsung cukup menggembirakan. siswa dengan percaya diri dapat berbahasa Inggris secara lisan dan tidak menunjukkan kebosanannya. Tingkat stres yang dialami siswa pada metode konvensional tidak terlihat ketika menggunakan metode TPR ini yang dibuktikan dengan keaktifan mereka dalam bermain peran. Metode TPR efektif dan dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran bahas Inggris di tempat mitra pengabdian masyarakat berada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Effendy, Ahmad Fuad. 2009. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Freeman, Diane Larsen. 2000. Techniques and Principles in Language Teaching. New york: Oxford University Press.
Krashen, D. Stephen. 1989. Language Acquisition and Language Education. London: Prentice Hall International
Richards, Jack C & Theodore S.Rodgers. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press