PENCEGAHAN CORONA VIRUS DISEASE 19 (COVID-19) PADA PEDAGANG PASAR HELVETIA KELURAHAN HELVETIA TENGAH

Main Article Content

Elsarika Damanik
Yunida Turisna Simanjuntak
Dicky Yuswardi Wiratma

Abstract

Analisa Situasi : Sejak ditetapkannya Indonesia mengalami pandemik Covid-19 oleh World Health Organitation (WHO), termasuk diantaranya  Sumatera Utara. penulis menemukan masih banyak para pedagang pasar kaki lima yang mengabaikan pemakaian masker sebagai salah satu upaya dalam pencegahan Covid-19. Tujuan Pengabdian : untuk melaksanakan upaya pencegahan Covid-19, mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19 pada pedagang pasar Helvetia. Solusi Permasalahan : Kegiatan pengabdian ini akan berfokus pada para pedagang pasar Helvetia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pedagang pasar kaki lima dalam upaya minimal pencegahan Covid-19 melalui kegiatan sosialisasi pembagian masker secara gratis. Target adalah peningkatan kesadaran para pedagang pasar Helvetia Tengah tentang pentingnya pemakaian masker sampai dengan tata cara menggunakan masker kain secara benar dan dampaknya apabila tidak menggunakan masker. Lokasi : Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Pasar Helvetia Kelurahan Helvetia Tengah Kota Medan. Luaran Kegiatan : Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan perilaku sadar dalam menggunakan masker pada pedagang pasar Helvetia sebagai upaya meminimalkan penularan Covid-19. Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat ini akan dipublikasikan di journal pengabdian masyarakat. Kesimpulan : Kegiatan penyuluhan dan pembagian masker gratis kepada 200 orang yang dilakukan di kawasan Pasar Helvetia Kelurahan Helvetia Tengah sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19. Saran : Kegiatan pengabdian masyarakat tentang pencegahan Corona Virus Disease 19 (Covid-19) pada pedagang pasar Helvetia Kelurahan Helvetia Tengah tahun 2020 melalui edukasi dan pembagian masker kepada masyarakat menjadi tugas semua pihak. Tugas penting ini perlu menjadi perhatian, guna memutus rantai penyebaran Corona di masyarakat yang jumlah kasusnya terus meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Kemenkes RI, 2017, Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi MERSCoV di Indonesia.
Kemenkes RI, 2017, Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 Tentang Pedoman PPI .Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).
WHO,2020, Infection Prevention and Control During Health Care When Novel Coronavirus (nCoV) Infection Is Suspected.
WHO, 2020, Health Coronavirus, Diakses 18/01/2020
WHO,2020, Global Surveillance For Human Infection With Novel-Coronavirus. Diakses 31/01/2020.
Interim Guidance for Businesses and Employers to Plan and Respond to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19Interim Guidance for Administrators of US Childcare Programs and K-12 Schools to Plan, Prepare, and Respond to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).
CDC,2020, Symptom and Diagnosis. Diakses 15/01/2020.