MENGENALI POTENSI ANAK MENUJU AKTUALISASI OPTIMAL DI EINSTEIN SUPER COLLEGE MEDAN

Main Article Content

Dwi Nursiti
Indomora Siregar

Abstract

Karir dan profesi jaman sekarang sudah berkembang dan sangat beragam. Sehingga paksaan orang tua untuk mengikuti jenjang karir dan bidang studi mereka sebelumnya pun tidak lagi relevan. Kini adalah saatnya orang tua mendukung anak memilih jurusan pendidikan yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang dimiliki, demi masa depan cerah. Siswa-siswi yang mengikuti bimbingan belajar di Einstein Super College memiliki harapan yang tinggi untuk dapat melanjutkan akademi di jenjang sarjana. Begitu banyak informasi jurusan yang ada terkadang dapat membingungkan bagi calon mahasiswa. Pandangan orang tua ymengenai masa depan anak juga belum tentu sama dengan pandangan dari anak mereka sendiri. Pemilihan jurusan tentu harus memperhatikan kemampuan dan minat dari siswa-siswi tersebut agar dapat menikmati masa-masa belajar di tingkat sarjana dan tidak merasa salah jurusan. Selain itu kesempatan untuk lebih mengoptimalkan aktualisasi diri yang mereka miliki terbentang luas. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan pada tanggal 23 Februari 2020 dengan beberapa metode. Dalam pelaksanaan selama satu hari kami mengadakan penyuluhan dan tanya jawab. Selama berlangsung proses pelaksanaan pengabdian masyarakat ini orang tua dan siswa-siswi antusias berpartisipasi. Secara umum siswa-siswi sudah mendapat insight mengenai profesi yang ingin digeluti. Selain itu mereka lebih termotivasi untuk mengikuti proses ujian yang diharuskan untuk dapat mengikuti pendidikan yang dibutuhkan pada profesi yang diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Hurlock, E.B. (2005). Perkembangan Anak jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kartono, K. 1979. Teori Kepribadian. Bandung : ALUMNI.
Munandar, S.C.U. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Grasindo. Jakarta.
Munandar.Utami. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suryasubrata, S. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Yusuf, S. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya.