PELATIHAN PEMBUATAN DETERJEN DI SMKN 3 MEDAN

Main Article Content

Erdiana Gultom
Barita Aritonang

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan wadah yang sangat berperan penting dalam melahirkan generasi-generasi yang terampil dan punya keahlian khusus untuk siap terjun dalam dunia kerja. Dalam hal ini khususnya jurusan kimia industri. Lulusan jurusan ini diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Tentu saja mereka mampu untuk membuka usaha berdasarkan ilmu pengetahuan yang telah mereka terima. Deterjen merupakan bagian yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menghemat pengeluaran rumah tangga pada umumnya dan meningkatkan taraf ekonomi pada khususnya, maka sebagai lulusan SMK jurusan kimia industry sudah sepantasnya terlatih dan terampil dalam pembuatan deterjen sendiri Adapun tahapan yang dilakukan dalam pelaksanaan pengabdian ini adalah: (a) tahap Persiapan, (b) tahap Pembinaan/penyampaian materi yang akan dibekalkan kepada peserta adalah materi pelatihan dalam bentuk teori dan penjelasan bahan-bahan dan alat-alat dan (c) tahap Pelaksanaan Evaluasi. Dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi jurusan kimia indutri yang mengikuti pelatihan sudah dapat membuat deterjen cair dengan benar

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Sampepana, E., & Saputra, S. H. (2016). Pemanfaatan Metil Ester Sulfonat pada Pembuatan Deterjen Cair. Jurnal Riset Teknologi Industri, 7(14), 143-155.

Hunaepi, H., Samsuri, T., Firdaus, L., Mirawati, B., Ahmadi, A., Muhali, M., ... & Azmi, I. (2017). PEMBERDAYAAN IBU-IBU PKK MELALUI PELATIHAN PRODUKSI DETERJEN CAIR DI DESA SUKARAJA LOMBOK TENGAH. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 65-67.

Usep, H. W. (2019). Pelatihan Pembuatan Detergen Cair Ramah Lingkungan di Kampung Cibening, Kota Serang. Intervensi Komunitas, 1(1), 81-86.