KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN BAHAYA MEROKOK DI SMK SWASTA MANDIRI PERCUT SEI TUAN

Main Article Content

Mindo Tua Siagian
Lukman Hakim
Desy Lustyani Rajagukguk

Abstract

Perkiraan jumlah rokok yang dihisap di dunia mencapai 15 milyar batang setiap harinya dan merokok merupakan perilaku negatif dan berbahaya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan dan merupakan kebiasaan yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Jumlah perokok di Indonesia cenderung meningkat. Sebesar 35% penduduk umur 15 tahun keatas merokok (tiap hari dan kadang-kadang). Kasus merokok pada pelajar juga semakin memprihatinkan. Prevalensi merokok pada anak sekolah usia 13-15 tahun menunjukkan 30,4% pernah merokok, dan lebih mengejutkan lagi 20,3% anak sekolah merupakan perokok aktif. Suatu program kampanye anti merokok yang dilakukan dapat dijadikan contoh dalam melakukan upaya pencegahan agar tidak merokok, karena ternyata program tersebut membawa hasil yang menggembirakan. Untuk mengurangi rokok pada anak, maka diperlukan pendidikan kesehatan sejak dini yang pada umumnya menggunakan metode ceramah, film dan leaflet yang akan dilakukan dalam bentuk penyuluhan promosi kesehatan tentang bahaya merokok di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Agus, J Sunggoro. 2006. Pengaruh Paparan Iklan Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Sma Di Kota Yogyakarta. (skripsi). Yogyakarta: Fakultas kedokteran UGM.
Anggraini Okta. 2009. Pengaruh Stimulus Iklan Rokok Terhadap Persepsi Organism Dan Perilaku Merokok Usia Remaja Awal Di Kabupaten Banyuwangi. [Skripsi]. Surabaya: Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta
Arikunto, S. 2006. Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta Aula
Elisabet,L. 2010. Stop Merokok. Jogjakarta: Garailmu Bungin, Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana.
Budiarty, Etty dan Yunni. 2008. Analisa Pengaruh Paparan Iklan Rokok Di Televisi Terhadap KeputusanPembelian Oleh Para Remaja. Jurnal Ekonomi September 2008 Vol XVIII No 2. Crofton, John. 2009. Tembakau: Ancaman global. Jakarta: Kompas gramedia.
Fatimah Nurul. 2010. Hubungan Terpaan Iklan Produk Rokok Di Televisi DanTingkat Konformitas Kelompok Sebaya Terhadap Kecenderungan Perilaku Merokok. [Skripsi]. Semarang: Fakultas Ilmu Komunikasi UNDIP
Firdausi Firda. 2007. Analisis Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Dan Niat Konsumen Dalam Memutuskan Untuk Membeli Suatu Produk. [Skripsi]. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ibrahim M Nasir.2007. Analisis Pengaruh Media Iklan Terhadap Pengambilan Keputusan Membeli Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua Pada Masyarakat Kota Palembang. Jurnal manajemen & bisnis sriwijaya vol. 5, no 10 desember 2007
Kemenkes. 2011. Pedoman Pengembangan Kawasan Tanpa Rokok. Jakarta: Pusat promosi kesehatan
Marheni, Adijanti. 2007. Tumbuh Kembang Remaja Dan Permasalahannya. Jakarta: sagung seto.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka cipta