GAMBARAN KADAR LAJU ENDAP DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT UMUM BUNDA THAMRIN

Main Article Content

Denrison Purba
Erlan Aritonang
Ernisah Putri Karim Bu’ulolo

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit gangguan metabolisme maupun gangguan fungsi insulin atau resistensi insulin, keanaikan gula darah akibat penurunan sekresi insulin oleh sel beta pankreas. Pada keadaan tertentu penderita diabetes melitus bisa saja mengalami komplikasi akut seperti koma hipoglikemi, hiperglikemi ketoasidosis dan hiperglikemi non-ketotik dan penderita juga bisa mengalami komplikasi kronik seperti makroangiopati dan mikroangiopati. Pemeriksaan LED atau ESR atau BSR adalah pemeriksaan untuk menentukan kecepatan eritrosit mengendap dalam darah yang tidak membeku (darah berisi antikoagulan) pada tabung vertikal selama 1 jam. Jenis penelitian bersifat Deskriptif Analitik dengan desain one shot case study (arikunto, 2020) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran kadar Laju Endap Darah (LED) pada pasien penderita Diabetes Melitus tipe 2 di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin Medan Tahun 2024. metode pemeriksaaan LED pada DM Tipe 2 Menggunakan Metode Automatic Hematology Analyzer Mindray BC 780. Berdasarkan LED pada penderita DM Tipe 2, sebanyak 30 sampel menunjukkan peningkatan LED sebesar (80%) dan normal (20%). berdasarkan jenis kelamin wanita lebih tinggi (54,2%) dibandingkan dengan pria (45,8%). sejalan dengan penelitian Mildawati, dkk (2019) dan penelitian Qifti, dkk (2020) bahwa perempuan memiliki risiko lebih besar mengidap DM dari pada laki-laki. hal ini dikarenakan tingkat sensitivitas perempuan lebih rendah terhadap kerja insulin pada otot dan hati.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purba, D., Aritonang, E., & Bu’ulolo, E. P. K. (2020). GAMBARAN KADAR LAJU ENDAP DARAH PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT UMUM BUNDA THAMRIN. JURNAL ANALIS LABORATORIUM MEDIK, 5(2), 41–45. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/ALM/article/view/5086
Section
Artikel

References

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Rineka Cipta Jakarta.

Fata, U. H., Wulandari, N., & Triyanti, L. (2020) Pengetahuan Dan Sikap Tentang Perawatan Kaki Diabetes Pada Penderita Diabetes Melitus. Jurnal Keperawatan, 12(1), 101-106.

Golberg, R. B., Stone, N.J., & Grundy, S. M, (2020). The 2018 AHA/ACC/ACCVPR/AAPA/ABC/ACPM/ADA/AGS/AphA/ASPC/NLA/PCNA Guildnes on the Management of Blood Cholesterol in Diabetes.

IDF. (2019). IDF Diabetes Atlas: Global Estimates of Diabetes Prevelance 2019.

Mildawati, M., Diani, N., & Wahid, A. (2019). Hubungan Usia, Jenis Kelamin dan Lama Menderita Diabetes dengan Kejadian Neuropati Perifer Diabetik. Caring Nursing Journal, 3(2), 30–37.

Nugraha, G. 2015. Panduan Pemeriksaan Laboratorium Hematologi Dasar. Jakarta : CV.Trans Info Medika.

Qifti, F., Malini, H., & Yetti, H. (2020). Karakteristik Remaja SMA dengan Faktor Risiko Diabetes Melitus di Kota Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 560–563.

Sitepu, R. B. (2018). Analisa Laju Endap Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Yang Dirawat Inap Di Rsup H. Adam Malik Medan. DSpace Repository.

Suyono (2018) Penatalaksanaan Diabetes Terpadu.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>