Analisis Pengaruh current ratio, return on equity, earnings per share, net profit margin, cash flow from operation to debt, inflasi, suku bunga Bank Indonesia terhadap Return Saham dengan Kebijakan Deviden sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Cons

Main Article Content

Monang Juanda Tua Sihombing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi return saham dengan kebijakan deviden sebagai variabel moderating secara simultan dan parsial pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi penelitian ini sebanyak 155 perusahaan consumer goods yang terdaftar di BEI. Sampel yang dipilih dengan menggunakan metode sampling jenuh berjumlah 31 perusahaan. Data diolah dengan metode uji statistik regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis pertama bahwa variabel current ratio, return on equity, earnings per share, net profit margin, cash flow from operation to debt, inflasi dan suku bunga Bank Indonesia berpengaruh secara simultan terhadap return saham. Secara parsial variabel inflasi dan suku bunga Bank Indonesia yang berpengaruh terhadap return saham, sedangkan variabel current ratio, return on equity, earnings per share, net profit margin dan cash flow from operation to debt tidak berpengaruh terhadap return saham. Pada hasil penelitian untuk hipotesis kedua, kebijakan dividen tidak mampu memoderasi hubungan current ratio, return on equity, earnings per share, net profit margin, cash flow from operation to debt, inflasi dan suku bunga Bank Indonesia terhadap return saham.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sihombing, M. J. T. (2021). Analisis Pengaruh current ratio, return on equity, earnings per share, net profit margin, cash flow from operation to debt, inflasi, suku bunga Bank Indonesia terhadap Return Saham dengan Kebijakan Deviden sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Cons. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 6(1), 50–59. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v6i1.2008
Section
Artikel

References

Al Hayat, Wahid. 2014. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2013). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Asnawi, Said Kelana dan Chandra Wijaya. 2007. Metodologi Penelitian Keuangan. Jakarta: Graha Ilmu.
Nachrowi, Djalal dan Hardius Usman. 2006. Pendekatan Populer dan Praktis Ekonometrika untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan,Lembaga Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.
Sidauruk, Julia. 2013. Pengaruh Capital Adequwacy Ratio (CAR),Return On Asset (ROA), Return On Equwacy (ROE), Loan To Deposit Ratio (LDR), Dan Price EarningRatio (PER) Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Medan.
Simatupang, Mangasa, 2010. Pengetahuan Praktis Investasi Saham dan Reksadana, Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.
Sinaga, Annisa Nauli. 2013. Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Return Saham dengan Kebijakan Dividen Sebagai Moderating variabel Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Medan.
Siregar, Desi Irasari. 2013. Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Kurs, dan Return on Asset Terhadap Return Saham pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Medan.
http://www.duniainvestasi.com/bei/summaries
http://www.bareksa.com/id/text
www.seputarforex.com
Kurniati, Endang. 2009. Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Jenis Consumer Goods yang Terdaftar dalam BEJ 2003-2007. Medan.
Lestari, Revina Ocha. 2015. Pengaruh Firm Size, Earning per Share dan Book to Market Ratio Terhadap Return Saham dengan Kebijakan Dividen sebagai Moderating Variabel pada Perusahaan Perusahaan Pertambangan Batubara yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Medan.
Manalu, Nelly Saputri. 2016. Pengaruh Inflasi, Suku Bunga dan Nilai Tukar Rupiah Terhadap Return Saham Perusahaan Perkebunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Medan.
Munte, Mei Hotma Marianti. 2009. Pengaruh Faktor Fundamental terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Medan.