Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Price Book Value dengan Return On Asset sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di BEI

Main Article Content

Monang Juanda Tua Sihombing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Price Book Value (PBV) dengan Return On Asset (ROA) sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di BEI. Objek penelitian ini adalah seluruh perusahaan properti yang terdaftar di BEI. Data diolah dengan menggunakan metode uji Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) dan  Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa CSR secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap PBV. secara parsial CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap PBV. Hasil pengujian variabel moderating dapat disimpulkan bahwa CSR tidak mampu memoderasi hubungan antara PBV terhadap ROA

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sihombing, M. J. T. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Price Book Value dengan Return On Asset sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di BEI. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 5(1), 66–73. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v5i1.1202
Section
Artikel

References

Ayuning Putri, Fitri, 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Profitabilitas Perusahaan. Jurnal Unibraw. Malang.
Ardianti fajriana. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility, Keputusan Investasi, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan manajerial sebagai Variabel Pemoderasi Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Husnan, Suad. 2015. Menejemen keeuangan teori dan penerapan keputusan jangka pedek. Badan penerbit UGM : Yogyakarta
Jogiyanto, 2014.Teori Portofolio dan Analisis Investasi (Edisi ke 10). Yogyakarta :BPFE.
Kotler, Philip. And Nancy Lee. 2015. Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good for Your Company and Your Cause. Hoboken. New Jersey: John Wiley and Sons, Inc
Harahap, Sofyan Syafri. 2015. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Edisi 1-10. Jakarta: Rajawali Pers.
Ira, Agustine, 2014. Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Terbuka yang Terdaftar (BEI).
Wafiatun Mukharomah dan Linda Prasasti Kesumaningrum, 2013. PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABITABILITAS PADA PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGES DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) TAHUN 2007-2010 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univrsitas Muhammadiyah Surakarta. ISBN: 978-602-70429-1-9, Surakarta
Wawan Sukmana dan Yesi Gusman, 2008. Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Berdasarkan PSAK No. 45 Tentang Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba dan Penerapan Total Quality Management Terhadap Kinerja Yayasan, Jurnal Akuntansi FE Unsil, Vol.3, No.1,2008 ISNN:1907-9958, Tasikmalaya.
Wiwik Rahayu Darminto Topowijono, 2014. PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Periode 2012-2013 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Malang
Williams, Chuck. (2001). Manajemen. Buku 1. Diterjemahkan oleh: Sabarudin Napitupulu. Salemba Empat, Jakarta.
Yaparto, Marissa, (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan pada Sektor Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Periode 2010-2011. CALYPTRA: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2, No.1. 1-19.
Yustisia Puspaningrum. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Zarkasyi, Mohammad Wahyudin, 2008. Good Corporate Governance. Bandung: Alfabeta.