Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Seleksi Penerima Beasiswa Bagi Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia

Main Article Content

Burhanuddin Damanik

Abstract

Beasiswa  merupakan  pemberian  berupa  bantuankeuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang di tempuh. Universitas Sari Mutiara  Indonesia  merupakan  salah  satu Universitas yang memberikan beasiswa bagi mahasiswa  yang  kurang  mampu  maupun mahasiswa yang berprestasi di bidang akademik. Dalam proses seleksi calon penerima beasiswa di Universitas Sari Mutiara, masih dilakukan dengan cara  manual  sehingga  membuat  proses  seleksi tidak  optimal  karena  membutuhkan  waktu  yang lama dan harus membandingkan data dari setiap mahasiswa yang mengikuti seleksi. Sehingga dalam proses seleksi ini dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang membantu dalam pengambilan keputasan yang tepat dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) yang diimplementasikan dalam sebuah program  menggunakan  Visual  Studio  2010. Dengan diterapkannya metode ini, diharapkan bisa membantu proses seleksi lebih efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Damanik, B. (2020). Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Seleksi Penerima Beasiswa Bagi Mahasiswa Universitas Sari Mutiara Indonesia. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 5(2), 20–25. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v5i2.1639
Section
Artikel

References

Anonim, 2010. Belajar Pemograman Visual Basic 2010. Andi, Yogyakarta
Darmayuda, Ketut. 2016. Aplikasi Basis Data dengan Visual Basic.Net. Bandung: Informatika.
Damanik, B. & Hutagalung, D. M. (2017), “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemberian Beasiswa dengan Menggunakan Metode Weighted Product,” Journal of Computer Enineering System and Science, Volume 2 (2), 83-87.
Fathansyah, 2012, Basis Data, Informatika Bandung, Bandung.
Gerdon, 2011, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Beasiswa Bagi Mahasiswa”, Skripsi, Sekolah tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan komputer (AMIKOM), Yogyakarta.
Hartono Jogiyanto, 2010, Basis Data, Andi Yogyakarta, Yogyakarta .
Kusrini, M.Kom. 2007, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung keputusan, Yogyakarta, Andi Offset .R. Fauzan, Y. Indrasary, and N. Muthia, “Sistem Pendukung KeputusanPenerimaan Beasiswa Bidik Misi di POLIBAN dengan Metode SAW Berbasis Web,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, pp.79–83, 2017.
Sagar, M. K., Jayaswal, P., dan Kushwah, K., 2013. Exploring Fuzzy SAW Method for Maintenance Strategy Selection Problem of Material Handling Equipment, International Journal of Current Engineering and Technology, 3(2), 600-605.
Sri K., Hari P., 2010, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Edisi 2, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sunyoto, Andi, 2007, Pemrograman Database dengan Visual Basic dan Microsoft SQL, Andi Yogyakarta.

Most read articles by the same author(s)