PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGONTROLAN MOTOR LISTRIK
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan media pembelajaran Macromedia Flash 8 dalam pembelajaranyang bertujuan untuk mengetahui: Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengontrolan Motor Listrik.Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI SMK negeri 1 Stabat dengan jumlah 32 orang.Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh peningkatan hasil belajar setelah dilaksanakan tindakan. Hasil penelitian saat pre tes, nilai rata-rata siswa 44,68. Pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 53,12, nilai observasi pengajaran 72,72% kategori penilaian cukup dan nilai observasi aktivitas siswa 70% kategori penilaian cukup secara klasikal. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat 79,31, nilai observasi pengajaran 81,81% kategori penilaian baik sekali dan nilai observasi aktivitas siswa 85% kategori penilaian baik secara klasikal. Dari peningkatan ketuntasan secara klasikal yang diperoleh siswa dapat disimpulkan bahwa penerapan Macromedia Flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapat kesimpulan bahwa media pembelajaran dengan macromedia flash 8 dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Pengontrolan Motor Listrik dengan demikian disarankan kepada pihak sekolah agar menggunakan media pembelajaran dangan macromedia flash 8 sebagai media pembelajaran khususnya untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Media, Pengontrolan Motor Listrik