PENGARUH MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SDN 066652 MEDAN HELVETIA
DOI:
https://doi.org/10.51544/tekesnos.v7i2.6434Keywords:
buku cerita bergambar, Kemampuan membaca pemahanan, siswa sekolah dasarAbstract
Kurangnya kemampuan membaca siswa dapat disebabkan kurangnya minat siswa belajar membaca pada saat di rumah, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran di sekolah dimana guru masih terpaku pada buku pegangan, serta pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga siswa kurang terlibat pada saat pembelajaran. Melalui penerapan buku cerita bergambar dalam pembelajaran membaca pemahaman diyakini dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN 066652 Medan Helvetia. Metode penelitian adalah desain pra-tes dan pasca-tes satu kelompok, metodologi kuantitatif, dan eksperimen quasi. Populasi penelitian terdiri dari 24 siswa kelas III di SDN 066652 Medan Helvetia. Strategi pengambilan sampel jenuh dipakai dalam penelitian ini. Penelitian ini memakai tes, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor pra-tes ialah 53,75, sedangkan rata-rata skor pasca-tes meningkat menjadi 82,5, Media buku bergambar berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa kelas III di UPT SDN 066652 Medan Helvetia untuk tahun ajaran 2024/2025 karena hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi sig (2-ujung) ialah 0,000 < 0,05, nilai t yang dihitung ialah 10,664, dan nilai t tabel ialah 2,069. Ha diterima dan Ho ditolak. Penggunaan buku cerita bergambar media dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sehinggu siswa mudah mengikuti kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Adinda Dwi Damayanti, & Ibnu Muthi. (2024). Penerapan Media Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Katalis Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(3), 211–225. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i3.590
Afifah, H., dan Faizah, U. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Ilmiah Menggunakan Soal Berbasis Masalah Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Tadris IPA Indonesia Vol.3, No.2.
Aini, N. (2020). Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Sdn 1 Surodikraman Tahun Pelajaran 2019/2020.
Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Guruan, 3(5), 2336–2344.
Apriatin, F., Ermiana, I., & Setiawan, H. (2021). Membaca Pemahaman Melalui Metode The Learning Cell Pemahaman Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii Sdn Gugus 04 Kecamatan Pujut 1(2), 77–84.
Budi, D. (2023). Penggunaan Media Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Sdn 1 Loyow Bolaang Mongondow Timur Skripsi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. https://www.neliti.com/id/publications/218225/kemajuan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-industri-media-di-indonesia%0Ahttp://leip.or.id/wp-content/uploads/2015/10/Della-Liza_Demokrasi-Deliberatif-dalam-Proses-Pembentukan-Undang-Undang-di-Indonesia
Dakhi, O. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.56248/educativo.v1 i1.2
Daulay, M. I., & Nurmnalina. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452
Didik Purnomo. 2020. Uji Validitas Dan Reliabilitas Step Test Sebagai Alat Ukur Keseimbangan Pada Lansia. Jurnal Fisioterapi dan Rehabilitasi (JFR) Vol. 2, No. 2, Tahun 2018, ISSN 2548-8716
Gusliana, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter Kerja Sama.Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1), 1–7. https://doi.o rg/10.5 281/zeno do.10 802602
Hapipah, W., & Kartiwi, Y. M. (2024). PEMBELAJARAN HASIL MENULIS TEKS FABEL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED. 7, 19–28.
Haptanti, F. S., Hikmah, M., & Basuki, I. A. (2024). Peran Media Pembelajaran dalam Pendidikan Bahasa Indonesia. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 972–980. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p972-980
Ibrahim, A., Nuraeni, A., & Hidayati, N. (2022). Pemahaman konsep media pembelajaran dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 16(3), 55-68.
Khumairoh, S., & Rofi’ah, S. (2024). Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran PPKN Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di MI Islamiyah Ngoro. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 9(1), 149–165. https://doi.org/10.32505/azkiya.v9i1.8449
Komarudin, Novia Dwi Rahmawati, Suherman. 2022. Pengembangan Instrumen Penilaian Matematika Berbasis Hots Pada Calon Guru Sekolah Dasar. Jombang. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 11, No. 2, 2022, 860-871
Kusumawardani, S., Diyanti, R., & Santoso, G. 2020. Peningkatan Kemampuan Memahami Isi Bacaan dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VB di SDN Pondok Pinang 10. Seminar Nasional Penelitian. LPPM UMJ. 1(23).
Kurniawan, M. S., Wijayanti, O., & Hawanti, S. (2020). Problematika Dan Strategi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7933
Magdalena, I., Fadhillah, D., & Gusmawati, L. (2023). Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sdn Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2560–2563.
Meneses, F. da C. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 199–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003871
Munawaroh, F. H., Ilmiah, U., & Niswa, B. (2021). Model Dan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia SD (L. Ariyanti (ed.); Pertama). Scopindo Mediapustaka
Mustika, M., & Yusuf, F. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar Kota Makassar. Lempu PGSD, 1(1), 74–82. https://journal.unm.ac.id/index.php/lempu/article/view/3337
Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap perkembangan emosional anak usia dini. Jurnal IlmiahPendidikan…http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/94
Ningrum, R. C., & Pujiastuti, H. (2023). Analisis Permasalahan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(3), 3236–3246.
Nuralifah, F., & Masyithoh, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia SD. MENTARI Jurnal Of Islamic Primary School, 2(2), 162–168.
Nuralifah, F., & Masyithoh, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar dalam Meningkatkan Minat Baca Anak Usia SD. MENTARI Jurnal Of Islamic Primary School, 2(2), 162–168.
Nurhaisya, Haeruddin. W.I.M, Dipoatmodjo, Romansyah. S., Ikhwan. M.M.H. 2023. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Non Fisik terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Pt Pelindo (Persero) Regional IV Makassar. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis. Vol.2 No.1
Paramita, Gusti Ayu Putu Pradnya, Anak Agung Gede Agung, dan Ida Bagus Gede Surya Abadi. 2022. “Buku Cerita Bergambar Guna Meningkatkan Keterampilan Membaca Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD.” Mimbar Ilmu 27(1): 11–19. doi:10.23887/mi.v27i1.45499.
Putri, A. R. (2023). Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sdn 05 Berangah Tahun Ajaran …. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 03, 200–207. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7247%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/download/7247/2918
Putri, N. I., Sabrina, S. I., Budiman, N., & Utami, W. T. P. (2023). Hambatan Guru Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Proses Pembelajaran Di Sd Negeri 3 Brosot. Indonesian Journal of Elementary Education, 5(1). http://jurnal.umt.ac.id/index.php/IJOEE
Rahmi, Yulia & Ilham, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa melalui Metode Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compotion (CIRC). Jurnal Basicedu, 4(3), 662–672.
Saputri, N., & Ritonga, R. (2024). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Pemanfaatan Aplikasi Let’s Read pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Academy of Education Journal, 15(2), 1371–1380. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2487
Sunarto.(2020).Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode The Learning Cell Pada Siswa kelas IV SD NEGERI 40 Tombo-Tombolok Kabupaten Jeneponto.Universitas Muhammadiyah Makassar.
Theresia, E., Rohana, R., & Ayu, I. R. (2023). Pengembangan Media Video Blog (Vlog) Berbasis Kearifan Lokal Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(1), 191-204.
Thorita, S. P. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Sebagai Media untuk Pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1), 30–40.
Wacana, A. O. V., Suaedi, H., & Citraningrum, D. M. (2024). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 13 No 1 , Maret 2024 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 13 No 1 , Maret 2024. Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia V, 13(1), 33–48.










