PENGARUH GREEN CORPORATE REPUTATION, KUALITAS PELAYANAN, DAN PROMOSI INSTAGRAM TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN THE BODY SHOP DALAM PERSPEKTIF UU NO. 32 TAHUN 2009

Authors

  • Roberto Roy Purba Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Sumatera Utara, 20123, Indonesia
  • Rolando Mapaung Fakultas Hukum, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia
  • Lius Luaha Fakultas Sains dan Tehnologi Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/tekesnos.v7i1.6175

Abstract

Latar belakang: Isu lingkungan menjadi perhatian utama dalam dunia bisnis. Konsumen semakin peduli terhadap dampak lingkungan dari produk yang mereka gunakan. Hal ini mendorong perusahaan untuk membangun citra ramah lingkungan (green corporate reputation) sebagai bagian dari strategi pemasaran. The Body Shop merupakan salah satu merek yang dikenal memiliki komitmen tinggi terhadap kelestarian lingkungan, baik melalui produk, kampanye sosial, maupun gaya komunikasi pemasaran. Tujuan: Menganalisis pengaruh Green Corporate Reputation, kualitas pelayanan, dan promosi melalui Instagram terhadap kepuasan konsumen The Body Shop, ditinjau dari perspektif perlindungan konsumen dalam Undang-Undang No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Metode: Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan hubungan kausal. Sampel penelitian terdiri dari 52 konsumen The Body Shop, Dimana jawaban responden diukur dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil: Hasil uji parsial menunjukkan bahwa Green Corporate Reputation, pelayanan, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai thitung masing-masing sebesar 2,470; 3,253; dan 3,179 yang seluruhnya lebih besar dari ttabel 2,00958, serta nilai signifikansi di bawah 0,05. Secara simultan, ketiga variabel berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Fhitung 42,256 > Ftabel 2,80; signifikansi 0,000). Koefisien determinasi menunjukkan bahwa 70,8% variasi kepuasan konsumen dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut, sementara sisanya 29,2% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti, seperti harga atau saluran distribusi. Kesimpulan: kesimpulan dan implikasi  untuk pengabdian kepada masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ginting, R. U., Hasibuan, R., & Purba, R. R. (2024). Peningkatan Pendapatan Pengrajin Batik Mangrove melalui Digital Marketing. Pelita Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.31289/pelitamasyarakat.v6i1.12714

Ginting, R., & Siregar, R. H. (2022). Pengaruh Green Marketing dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 5(2), 113–121. https://doi.org/10.31289/jimt.v5i2.9999

Kewakuma, J. S., Sihombing, M., & Fathiyah, W. (2021). Pengaruh Green Marketing dan Service Quality terhadap Customer's Perceived Satisfaction yang Dimediasi oleh Brand Image. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Perbanas Institute), 8(1), 1–11. https://doi.org/10.33536/jmb.v8i1.1425

Lestari, D. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Kosmetik di Medan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB), 6(1), 45–52. https://ejournal.upi.edu/index.php/jrmb/article/view/14562

Maimunah, S., Prayoga, A., Aruan, D.G.R., & Purba, R.R. (2024). Utilization of Controlled Oven Drying Method to Produce Export Quality of Coffee Peel and Beans (Coffea arabica L.). Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 10(3), 1063-1072. https://doi.org/10.36987/jpbn.v10i3.6327

Mohammadi, A., Hidayatullah, M. F., & Alamsyah, D. P. (2023). Pengaruh Green Promotion terhadap Loyalitas Merek pada Produk Ramah Lingkungan. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Udayana, 12(3), 220–231. https://ejournal.unud.ac.id/index.php/jmb/article/view/62178

Mutiara, D. A., & Ginting, R. (2022). Perlindungan Konsumen atas Informasi Produk dalam Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia. Jurnal Hukum & Pembangunan, 52(4), 895–906. https://jhp.ui.ac.id/index.php/home/article/view/3864

Rahmayanti, D., & Arifin, M. (2022). Pengaruh Green Corporate Image terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi pada Produk Kosmetik. Jurnal Kajian Manajemen dan Bisnis, 9(2), 103–112. https://jkmp.ppj.unp.ac.id/index.php/mms/article/view/316

Simamora, A., & Hutapea, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kosmetik Ramah Lingkungan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Terapan, 7(1), 88–96. https://ejournal.unimed.ac.id/ebt/article/view/20783

Simanjuntak, P, D, O., Purba, R, R. (2024). Analysis Of The Influence Of Digital Marketing Strategy Through Search Engine Optimization (SEO) In Increasing Sales Of Msme Products In Indonesia. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 12(4). doi: https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i4

Simanjuntak, O. D. P., Purba, R. R., & Siregar, M. (2024). Pengaruh Word of Mouth dan Gaya Hidup Terhadap Minat menabung di Bank Central Asia KCP Iskandar Muda, Medan. JURNAL MUTIARA MANAJEMEN, 9(1), 121–128. https://doi.org/10.51544/jmm.v9i1.5197

Siregar, E. S. (2021). Perlindungan Konsumen dalam Transaksi Produk Kosmetik Ramah Lingkungan Berdasarkan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 dan No. 32 Tahun 2009. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Riau, 8(2), 102–112. https://jurnal.unri.ac.id/index.php/jom-fah/article/view/619

Sugistianto, R., & Ispriyahadi, R. (2021). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas pada Toko Kosmetik Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 13(1), 59–67. https://jurnal.stie-mandala.ac.id/index.php/JMK/article/view/91

Downloads

Published

2025-05-27