PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MARKETPLACE OLEH-OLEH KHAS MEDAN

Authors

  • Riah Ukur Ginting Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia
  • Rianto Sitanggang Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia
  • Andreas Nielsen Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia
  • Harold Situmorang Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/tekesnos.v7i1.6159

Keywords:

Sistem Informasi, Kuliner, Marketplace.

Abstract

Medan sebagai ibukota Sumatera Utara, terkenal dengan kekayaan kuliner dan budayanya, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Namun, para pengrajin dan penjual produk khas Medan masih menghadapi banyak kendala dalam memasarkan hasil karya mereka. Studi literatur, observasi, dan wawancara dengan para pelaku usaha ini mengungkap tantangan yang mereka hadapi. Sebagai solusi, sistem informasi marketplace dihadirkan untuk membantu mempromosikan produk khas Medan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah platform digital yang efektif dan efisien, yang memungkinkan para pengrajin dan penjual untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Diharapkan sistem ini tidak hanya meningkatkan pendapatan para pelaku usaha, tetapi juga membantu melestarikan budaya Medan yang kaya dan unik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. B. Helpiastuti, “Pengembangan Destinasi Pariwisata Kreatif Melalui Pasar Lumpur (Analisis Wacana Grand Opening ‘Pasar Lumpur’ Kawasan Wisata Lumpur, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember),” J. Tour. Creat., vol. 2, no. 1, pp. 13–23, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/tourismjournal/article/download/13837/7204/.

C. B. Pisarta and D. B. Kharisma, “Startup Multinasional Lazada Dalam Perspektif Hukum E-Commerce Di Indonesia,” Priv. Law, vol. 11, no. 2, pp. 336–344, 2023.

D. A. Pratiwi, Artikel Ilmiah Pengantar Sistem Informasi, no. 43219010158. 2020.

A. Yoraeni et al., Sistem Informasi Manajemen, no. November. Jakarta: PT. Scifintech Andrew Wijaya, 2023.

N. Azis, Analisis Perancangan Sistem Informasi. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2022.

P. E. S. dan L. S. Sudjiman, “KOMPUTER DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN Paul Eduard Sudjiman dan Lorina Siregar Sudjiman COMPUTER BASED MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM,” J. TeIKa, vol. 8, pp. 55–67, 2018.

R. Ernayani et al., Dasar dan Teori Sistem Informasi Manajemen. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri, 2022.

S. Hidayatullah, D. A. Prasetya, D. A. Purnomo, and I. K. Rachmawati, Hot Fit Model Pengembangan Sistem Informasi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.

J. Dalle, A. . Karim, and Baharuddin, Pengantar Teknologi Informasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada, 2020.

M. Nurdin, E. Dolorosa, and S. Oktoriana, “Strategi Pemasaran Umkm Oleh-Oleh Makanan Khas Pontianak,” SEPA J. Sos. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 20, no. 2, p. 233, 2023, doi: 10.20961/sepa.v20i2.59538.

E. Turban, J. Outland, D. King, J. K. Lee, T.-P. Liang, and D. C. Turban, Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective, Ninth. New York: Springer, 2018.

Y. L. . Rehatalanit, “Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis,” J. Teknol. Ind., vol. 5, no. 0, pp. 62–69, 2021.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.” Informatika, Bandung, 2018.

P. Gray, Systems Analysis and Design (10 th edition), vol. 6, no. 1. Pearson Education, 2020.

Maimunah,dkk. 2012.“Perancangan Sistem Informasi Website Promosi Pada Jurusan Sistem Informasi”.

Riah Ukur Ginting 2023.”Pengembangan Promosi Kerajinan Tekstil Khas Batak Di Siantar Berbasis Website” Vol. 7 No. 1 (2023): Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi.

Desy Wijaya 2020. “Marketplace Pedia” vol 1,no. 1 , Marketplace

Pedia ,2020

Indyah Hartami Santi 2020. “Analisa dan Perancangan Sistem “ , vol 1 ,

Analisa Perancangan Sistem ,2020

Fauyhi Eko Nugroho 2016. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan OnlineStudi Kasus Tokoku”. Vol7,no. 2, DOI:https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786

Erna Susanti , Dimas Perdana Oksar ,2018 . “Strategi Branding Dalam

Membangun Ekuitas Merek UMKM”.vol 1 , no. 2. Ikraith Ekonomika 2018

Sutabri 2012 ,” Konsep Sistem” . vol 1 no .2 , Sistem Interface 2012

McLaughlin et al, 2006, page 297 , Use case Diagram

Yuni Fatma Sari , Muhammad Irwan Padli Nasution 2024 , Vol. 3 No. 9 (2024): Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi

Qing li , Yu-Liu Chen 2016 , Entity-Relationship Diagram ,chapter pp

-139

Syahidannur Mukminah Pulungan,dkk 2023 ,”Analisis Teknik Entity- Relationship Diagram dalam Perancangan Database . vol .1 No.2 .

DOI: https://doi.org/10.47233/jemb.v1i2.533

Ariffud Muhammad 2023 , “ Use Case Diagram “ , https://www.niagahoster.co.id/blog/use-case-diagram-adalah/

Muchlisin Riadi 2021 , “ Karakteristik Sistem “ , https://www.kajianpustaka.com/2020/07/sistem-pengertian-karakteristik-dan-klasifikasi.html

Gamal Thabroni 2022, “ Pengertian Basis data “,https://serupa.id/pengertian-basis-data-database-terminologi-pemodelannya/

Die Santo 2017,“Analisis Kelemahan Sistem “ ,https://diesanto.blogspot.com/2017/03/analisis-kelamahan-sistem.html

Azzumarul Ibnu Sabil ,dkk 2018. “ ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB DENGAN PHP & MYSQL PADA SMKN 3 TANGERANG” , https://123dok.com/document/zwk2367z-kerja-praktek-analisis-dan-perancangan-s.html

Downloads

Published

2025-05-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>