Strategi Humas Universitas Dalam Meningkatkan Minat Calon Mahasiswa Baru Di Universitas Sari Mutiara Indonesia

Authors

  • Exmin Man Jaya Laia Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia, Jalan Kapten Muslim No.79 Medan
  • Sozanolo Hulu Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia, Jalan Kapten Muslim No.79 Medan
  • Open Berkat Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia, Jalan Kapten Muslim No.79 Medan

Keywords:

Strategi, Public Relations, Minat Mahasiswa

Abstract

The aim of this research is to examine the public relations strategies of the university in increasing the interest of prospective new students at Sari Mutiara Indonesia University and to identify the supporting and inhibiting factors for public relations in enhancing the interest of prospective new students. This study uses a qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results show that public relations strategies are implemented by: publishing campus achievements, such as accreditation, teaching staff, and academic achievements at various levels; establishing cooperation with the media. Supporting factors include internal and external elements, while inhibiting factors arise from internal communication challenges.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ardianto, Elvinaro & Soemirat, Soleh. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Bungin, Burhan. (2011). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Cangara, Hafied. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cutlip, Scott M., Center, Allen H., & Broom, Glen M. (2006). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Luga, N., Gulo, N. H., & Harefa, S. B. (2023). Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Sebagai Pembangunan Nasional. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 218-226.

Hamid, Abu. (2012). Manajemen Strategi Public Relations di Lembaga Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management. Jakarta: Erlangga.

Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.

Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.

Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.

Miles, Matthew B., & Huberman, A. Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2009). Manajemen Public Relations: Strategi dan Taktik. Jakarta: Kencana.

Napitupulu, Evi Enitari (2020) Revitalisasi Ulos Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif Samosir Sumatera Utara. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.Nasution, S. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nurudin. (2009). Komunikasi Massa: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rohmadi, Muhammad. (2010). Strategi Komunikasi dalam Public Relations. Surakarta: Yuma Pustaka.

Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.

Sitepu, Y. S., Februati Trimurni, & Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Radio Komunitas Desa (RKD) di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal SOLMA, 12(3), 1100–1109. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13103

Sihombing, M., Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Laia, H. A. M., & Buulolo, E. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 227-235.

Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.

Sumber lainnya:

sari-mutiara.ac.id

Downloads

Published

2022-11-30