MEDIA SOSIAL DAN INTERAKTIVITAS PUBLIC RELATIONS

Authors

  • Ludovikus Defianto Bazikho Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia Jalan Kapten Muslim No.79 Medan

Keywords:

Media Sosial, Interaktivitas, Hubungan Masyarakat

Abstract

Media sosial telah mengubah praktik hubungan masyarakat secara mendasar, sebelum munculnya media social aktivitas publik relations sebagian besar merupakan komunikasi satu sisi, namun dengan munculnya media sosial, aktivitas humas kini berpusat pada komunikasi dua arah, bukan hanya komunikasi satu sisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik dan menarik inferensi dari isi media sosial dan interaktivitas publik relations. Studi komunikasi ini akan dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Media sosial memainkan peran penting dalam dunia hubungan masyarakat, memungkinkan adanya interaktivitas yang tidak mungkin dilakukan dengan media tradisional. Media sosial juga memungkinkan personel humas menghemat biaya dan meningkatkan efisiensi dalam penyebaran informasi dan penggunaan media sosial sebagai alat pengawasan, kampanye sosial, dan membujuk masyarakat untuk  berpartisipasi. Oleh karena itu, media sosial telah menjadi  jembatan komunikasi antar seluruh sektor masyarakat, respon efektif dalam berkomunikasi dengan masyarakat, dan menjadi  peluang yang dapat dimanfaatkan untuk membangun hubungan  baik antara masyarakat dan lembaga pemerintah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alikilic, O., & Atabek, U. (2012). "Media Sosial dan Interaktivitas dalam Dunia Public Relations." Jurnal Bisnis Terapan.

Avery, E., Lariscy, R., Amador, E., Ickowitz, T., Primm, C. & Taylor, A. (2010). “Diffusion of Social Media Among Public Relations Practitioners in Health Departments Across Various Community Population Sizes”, Journal of Public Relations Research, 22:3, 336-358, http://dx.doi.org/10.1080/10627261003614427.

Bertot, J.C., Jaeger, P.T. & Hansen, D. (2012). “The impact of polices on government social mediausage: Issues, challenges, and recommendations”. Government Information Quarterly 29,30–40.

Dwi Kartini. (2018). ResearchGate - "Media Sosial dan Interaktivitas dalam Dunia Public Relations"

Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Luga, N., Gulo, N. H., & Harefa, S. B. (2023). Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Sebagai Pembangunan Nasional. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 218-226.

Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.

Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.

Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.

Intanny, V. A., & Putra, N. A. (2019). Studi Eksperimen Peningkatan Literasi Media Sosial Humas Pemerintah Daerah. Jurnal IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi), 109-122.Linke, Anne dan Zerfass, Ansgar (2012). ‘Future Trends in Social Media Uses for Strategic organization Communication: Results of a Delphi Study. Public Communication Review,Vol.2 No 2 17- 29.

Macnamara, J. dan Zerfass, Ansgar (2013). Social Media Communication in Organizations: The Challenges of Balancing Openness, Strategy, and Management. International Journal of Strategic Communication, Vol. 6, 287-308.

Mossberger, K., Wu, Y., & Crawford, J. (2013). Connecting Citizens and Local Governments? Social Media and Interactivity in Major US Cities. Government Information Quarterly, 30(4), 351-358.

Napitupulu, Evi Enitari (2020) Revitalisasi Ulos Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif Samosir Sumatera Utara. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.

Pienrasmi, H. (2019). Pemanfaatan Social Media oleh Praktisi Public Relations di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 11(2), 1-14. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/download/7179/6363/12691

Putra, I. G. (2020). Media Sosial dan Interaktivitas dalam Dunia Public Relations. Universitas Gadjah Mada. https://acadstaff.ugm.ac.id/karya_files/media-sosial-dan-interaktivitas-dalam-dunia-public-relations-dcfcd07e645d245babe887e5e2daa016

Rachman, A. (2021). Ketersediaan Interaktivitas pada Situs Web dan Media Sosial Astra International dan Bank Mandiri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 4(1), 1-11. http://e-journal.uajy.ac.id/27856/5/170906341%204.pdf

Rizky Nurul Fajri. (2019). Neliti - "Meningkatkan Keterlibatan Publik secara Online pada Era Open Government di Media Sosial (Studi Analisis Isi Akun Instagram Badan)"

Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.

Sitepu, Y. S., Februati Trimurni, & Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Radio Komunitas Desa (RKD) di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal SOLMA, 12(3), 1100–1109. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13103

Sihombing, M., Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Laia, H. A. M., & Buulolo, E. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 227-235.

Sommerfeldt, E.J., Kent, M.L., Taylor,M. (2012). Activist practitioner perspectives of website public relations: Why aren’t activist websites fulfilling the dialogic promise? Public Relations Review 38, 303– 312.

Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.

Tania, S. (2020). Menakar Hubungan Organisasi dan Publik di Media Baru (Analisis Isi Corporate Tweets Industri Perbankan, Otomotif, dan Telekomunikasi). Jurnal Media dan Komunikasi Indonesia, Vol. 1(1): 78-94.

Widya, A. R. (2020). Meningkatkan Keterlibatan Publik secara Online pada Era Open Government di Media Sosial (Studi Analisis Isi Akun Instagram Badan Pusat Statistik). Jurnal Komunikasi, 12(2),1-14. https://media.neliti.com/media/publications/418358-none-2e195c52.pdf

Downloads

Published

2021-11-30