Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV UPT SDN 066652 Kecamatan Medan Helvetia
Keywords:
Animation Interactive Media, Interest in LearningAbstract
The aim of this research was to determine the influence of using animated interactive media on students' learning interest in the material I and my needs for class IV UPT SD N 066652 Medan Helvetia. This type of research is quasi-experimental. The population in this study were all fourth grade students at UPT SD Negeri 066652, totaling 46 students. The sampling technique used was a saturated sample. The experimental class consisted of 23 students and the control class consisted of 23 students. The data collection techniques used in this research were questionnaires and documentation. From the results of data analysis, the average post-questionnaire score in the experimental class was 61.48, while the average score in the control class was 52.57. The results of the independent sample test using post-questionnaire data in the experimental and control classes showed a sig (2 tailed) value of 0.005 < 0.05, so Ha was accepted and Ho was rejected. So it can be concluded that animated interactive media has an influence on students' interest in learning science subjects in my material and my needs for class IV UPT SD Negeri 066652 students.
Downloads
References
Agustin, A., & Budiono, I. (2021). Perilaku pencegahan covid-19 pada santri di pondok pesantren Al-Asy'ariyyah Kalibeber Kabupaten Wonosobo.Indonesian Journal of Public Health and Nutrition, 3(1), 318-329. https://journal.unnes.ac.id/siu/index.php/IJPHN/article/download/45434/20494.
Asthira, I W. 2016.Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle SE Terhadap Hasil Belajar IPA SiswaKelas V di GugusIll.e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, (Online).Volume. 4, No. 1.
Arsyad 2016:3. Media pembelajaran. Jakarta:Referensi Jakarta.
Akyas Azari 2016:75 Analisis minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu dikelas VIII SMP Negeri 2 Siding Kabupaten Bengkayang, skripsi. Fakultas ilmu pendidikan dan pengetahuan sosial
Bulun 2016:113 Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN Bebie Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Fakultas keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram
Chasanah 2019:11Penerapan Metode Non Example Pada Materi Ipa Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Jagaraja Tahun Ajaran 2023. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidika Universitas Muhammadiyyah Mataram
Fitri Rahmawati, 2020, Pengaruh media kolase bahan bekas terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B TK Al-Khodijah Kedungsoko Tulungagung, skripsi. Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah.
Hartini, T. I., Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. 2014. Pengaruh Berpikir Kreatif
Hasanah dan Sumiharsono, 2018:3 Pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran ipa mata pelajaran ipa kelas VI SD NEGERI BEBIE TAHUN PELAJARAN 2022/2023, Skripsi. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah mataram.
Hidayat&Djamila 2018:66 Analisis Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal, Pendidikan Matematika Indonesia Volume 4 Nomor 1, Halaman 6-11
Hurlock&Suseno 2020:7 Pengaruh Media AnimasiTerhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN BEBIE Tahun Ajaran Pelajaran 2023/2024. Sripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Universitas Muhamadiyah Mataram
Kemendiknas 2011:3 Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Tema Es Loli Rasa Durian Kelas VII Di SMPN 2 Wonogiri. Jurnal, Inkuiri Volume 3,No.1, 2014 Halaman 28-36
Lestari dan Mokhammad (2017: 93-94), Analisis minat belajar siswa pada materi senyawa hidrokarbon ditinjau dari presfektif gender. Hal 421-429.
Munir. (2012: 177). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis Of Students’ CriticalThinking Skill Of Middle School Through Steam Education Project-Based Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII, 54-65
Nazila,2022:5394Film animasi dampak penggunaan gadget berlebihansd n 57 oku menggunakan ADOBE FLASH CS6.Jurnal teknik informatika mahakarya. Vol.5 No1, Juni 2022, Hal,53-62.
Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017).Pengaruh Model PembelajaranInkuiriTerbimbingBerbantuanPetaPikiranterhadapHasilBelajar IPA KelasV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Rahmadani 2019:16Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN Bebie Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, Mataram.
Saleh, D. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK Pada Pembelajaran Tematik DI Sekolah Dasar. JurnalBasicedu, 6(4). 5501-7663.
Shofiyah, N., dan Wulandari, E. (2018).Model problem based learning (pbl) dalam melatih scientific reasoning siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1): halaman 35.
Siswati, S. and Dindasari, D. A. (2019) 'Tinjauan Aspek Keamanan dan Kerahasian RekamMedis di Rumah Sakit Setia Mitra Jakarta Selatan', Jurnal Ream Medis dan Informasi Kesehatan.ejournal.poltekkes-smg.ac.id, 2(2).
Sugiyono. (2007), Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, kualitatif dan R&D. In Bandung:Alfabeta.
Slameto 2010:180, Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika .Jurnal pendidikan matematika indonesia, volume nomor 4, halaman 6-11.
Simbolon 2013:52 Pengaruh Media Interaktif Animasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SDN Bebie Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, Mataram.
Sardiman 2014 : 94 Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Tari Di SDN Negeri Dukuh Waru 4 Kecamatan Dukuh Waru Kbupaten Tegal. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negei Semarang.
Sitiatava 2013:53 Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasi Belajar IPA Tentang Sifat-sifat Benda Bagi Anak Tunanetra Kelas III. Jurnal Pendidikan Khusus Universitas Negeri Surabaya Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Pendidikan Luar Biasa.
Winastiti, Listina (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Praktek Sulaman Bebas Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di MAN 2 Kulon Progo. SIThesis, Universitas Neger Yogyakarta.
Wassid&Sunendar 2016:114Pengaruh Tandur Dengan Media Wapres (Wayang Ekspresi) Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang
Yunitasari&Hanifa 2020: 236, Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 3 Tahun 2020 Halm 232 – 243