Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Spritual Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Universitas Imelda Medan
Keywords:
Pemahaman Akuntansi, Minat Belajar, Motivasi Belajar, Perilaku Belajar dan Kecerdasan SpritualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Pengaruh Minat Belajar, Motivasi Belajar, Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi Dengan Kecerdasan Spritual Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Universitas Imelda Medan. Minat belajar seseorang yang rendah untuk mengawali suatu kegiatan akan memiliki rasa malas dan tidak tertarik untuk melanjutkan aktivitasnya tanpa diimbangi motivasi belajar yang kuat dan semangat menyebabkan konsentrasi dan perhatian terhadap pelajaran akan menurun sehingga perilaku belajar yang rendah akan mencerminkan sikap kurang baik dari diri mahasiswa dalam menanggapi dan meresponi setiap kegiatan belajar mengajar yang terjadi, dan tidak bertanggung jawab atas kesempatan belajar yang diberikan kepadanya.. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah minat belajar, motivasi belajar dan perilaku belajar sebagai variable independen, pemahaman akuntansi sebagai variabel dependen dan Kecerdasan Spritual sebagai variable moderating. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 220 mahasiswa. sampel yang digunakan adalah sebanyak 110 mahasiswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel dengan metode Cluster Random Sampling. Kecerdasan spiritual bukan merupakan variabel moderating yang dapat memperkuat hubungan antara Minat Belajar, Motivasi Belajar, Perilaku Belajar terhadap Pemahaman Akuntansi Maka peningkatan minat oleh mahasiswa dapat diupayakan melalui peningkatan pemahaman tentang akuntansi secara mendalam. Perilaku belajar yang sesuai dengan tujuan pendidikan, dimana dengan perilaku belajar tersebut tujuan pendidikan yang dapat dicapai secara efektif dan efisien, sehingga prestasi akademik dapat ditingkatkan