https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/sentra/issue/feedJurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini2025-01-31T01:30:23+00:00Jurnal Sentrajurnalsentra@gmail.comOpen Journal Systems<p>Jurnal Sentra merupakan jurnal yang memuat tentang Pendidikan Anak Usia Dini serta tulisan-tulisan hasil penelitian terkait aspek perkembangan anak, anak berkebutuhan khusus atau PAUD inklusi, parenting, manajemen PAUD, Kesehatan dan Gizi AUD, Kurikulum, Media Pembelajaran, Assesment AUD, Psikologi AUD, dan inovasi serta isu terkini yang berkaitan dengan anak usia dini. <strong>ISSN: 2963-850X (media online).</strong></p>https://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/sentra/article/view/5555DAMPAK PENERAPAN DUA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI LINGKUNGAN MULTIKULTURAL2024-12-07T03:54:53+00:00Ikha Durrotun Nasikhahikhans@uas.ac.idNihna Atho’a Rosfaliaikha@uas.ac.idFirman Priyo Suhastoikha@uas.ac.id<p>Penerapan dua bahasa di lingkungan multikultural telah menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti, terutama terkait dengan kemampuan berbicara anak usia dini. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin meningkatnya interaksi antarbudaya yang mengharuskan anak-anak mempelajari dua bahasa sejak usia dini. Namun, ada kekhawatiran bahwasanya penerapan dua bahasa ini dapat memengaruhi perkembangan bahasa anak terlebih pada kemampuan berbicara, baik secara positif maupun negatif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis adanya dampak penerapan dua bahasa terhadap kemampuan berbicara anak usia 2-4 tahun dilingkungan multikultural. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan orang tua, serta dokumentasi perkembangan bahasa anak. Adapun subjek penelitian ini adalah 10 anak usia 2-4 tahun yang bertempat tinggal di lingkungan multikultural yang berada di kota besar di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dua bahasa memiliki dampak positif terhadap kemampuan berbicara anak, seperti adanya peningkatan kosakata dan kemampuan berpikir kritis. Akan tetapi, juga terdapat beberapa anak yang mengalami keterlambatan berbicara akibat paparan bahasa yang tidak seimbang antara bahasa ibu (bahasa pertama anak) dengan bahasa kedua. Faktor lingkungan, keterlibatan orang tua, serta konsistensi dalam penggunaan kedua bahasa menjadi determinan utama dalam pengembangan kemampuan berbicara anak.</p>2025-01-31T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025 Ikha Durrotun Nasikhah, Nihna Atho’a Rosfalia, Firman Priyo Suhasto