PERBANDINGAN GAGASAN KURIKULUM PAUD: STUDI LITERATUR ATAS PEMIKIRAN PARA TOKOH PENDIDIKAN

Authors

  • Lathipah Hasanah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Anisa Nur khalifah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Raudhatul Jannah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Sofwa Nadia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Syahlaa Isaura Jacinda UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51544/sentra.v4i2.5905

Keywords:

Kurikulum, Tokoh Pendidikan, PAUD

Abstract

Latar belakang: Kurikulum berperan penting dalam mengarahkan proses pendidikan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan peserta didik. Beragam tokoh pendidikan telah mengembangkan pendekatan kurikulum berdasarkan filosofi dan teori yang berbeda. Dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pemikiran mereka menjadi acuan penting untuk menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan pandangan para pemikir dalam dunia pendidikan mengenai pengembangan kurikulum bagi Pendidikan Anak Usia Dini, di antaranya Maria Montessori, Sylvia Ashton Warner, Caroline Pratt, Constance Kamii dan Rheta DeVries, Carl Bereiter, serta Siegfried Engelmann.

Metode: Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi literatur, yaitu dengan mengkaji buku, artikel, serta dokumen akademis yang berkaitan.

Hasil:Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat perbedaan signifikan dalam pendekatan yang dikembangkan oleh para tokoh tersebut, seluruh pandangan tersebut memiliki kontribusi penting dalam pengembangan kurikulum PAUD. Variasi pendekatan ini mencerminkan kompleksitas kebutuhan anak usia dini, baik dari aspek perkembangan intelektual, sosial, emosional, maupun moral. Perbedaan pandangan tersebut tidak bersifat saling menghalangi, tetapi saling melengkapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ani Oktarina, Maemonah.(2020). “Filsafat Pendidikan Maria Montessori Dengan Teori Belajar Progresivisme Dalam Pendidikan AUD.” Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak 6. (2), pp: 64–88

Bereiter, C., & Engelmann, S.(1966). Teaching disadvantaged children in the preschool. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Clemens, S. G. (1996). Pay attention to the children: Lessons for teachers and parents from Sylvia Ashton-Warner. Rattle OK Publications.

DeLuca, C., & Edwards, C. P. (2016). “Early childhood learning environments: Revisiting historical perspectives”. Early Childhood Education Journal, 44(5), 459–467. https://doi.org/10.1007/s10643-015-0720-1

DeVries, R., & Zan, B. (1994). Moral classrooms, moral children: Creating a constructivist atmosphere in early education (Vol. 47). Teachers College Press.

Dhani, Rikha Rahmiyati. (2020). “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, (1), pp: 45–50.

Gettman, David. (2016). Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasanah, Lathipah, Luthfiah Maharani Putri, Ananda Noorbana Haris, Puja Putri Juninda, and Faridhotun Najiah. (2024). “Gagasan Kurikulum PAUD Menurut Perspektif Ahli.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, (2) pp: 19094–105.

Juhji, Juhji. (2016). “Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan.” Studia Didaktika 10, (01), pp: 51–62.

Kamii, C. (1999). Young children reinvent arithmetic: Implications of Piaget's theory. Teachers College Press.

Kamii, Constance, and Rheta DeVries. (1980). Group Games in Early Education: Implications of Piaget’s Theory. ERIC.

López, J. P. F., & Blanco, L. F. (2020). “Maria Montessori (1870-1952) - Caroline Pratt (1867-1954): Dua kehidupan yang paralel dan semangat yang sama untuk otonomi anak.” RELAdEI. Revista Latinoamericana de Educación Infantil, 9(1), pp: 29-41.

Montessori, M. (2004). The discovery of the child. Aakar books.

Montessori, Maria, and Ahmad Lintang Lazuardi. (2016). Rahasia Masa Kanak-Kanak. Pustaka Pelajar.

Muyasaroh, S. (2019). “Pengelolaan kelas dalam melaksanakan pembelajaran aktif”. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 4(1), pp: 1-20.

Nasution, Raisah Armayanti. (2017). “Penanamana Disiplin Dan Kemandirian Anak Usia Dini Dalam Metode Maria Montessori.” Jurnal Raudhah 5,(2).

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.Nizamia Learning Center.

Staring, J. 2014. “Caroline Pratt: Progressive Pedagogy In Statu Nascendi”. Occasional Paper Series,(32), 6.

Supriadi, S. 2017. “Pemanfaatan sumber belajar dalam proses pembelajaran”. Lantanida Journal, 3(2), pp: 127-139.

Suryana, D. 2013. “Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peraturan Menteri N0. 58 Tahun 2009”. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 53-61.

Takaya, K. 2018. “Caroline Pratt’s idea of curriculum and imagination”. Interchange, 49(2), pp: 205-216.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Lathipah Hasanah, Anisa Nur khalifah, Raudhatul Jannah, Sofwa Nadia, & Jacinda, S. I. (2025). PERBANDINGAN GAGASAN KURIKULUM PAUD: STUDI LITERATUR ATAS PEMIKIRAN PARA TOKOH PENDIDIKAN. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 10–24. https://doi.org/10.51544/sentra.v4i2.5905