DAMPAK PENERAPAN DUA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI LINGKUNGAN MULTIKULTURAL

Authors

  • Ikha Durrotun Nasikhah Fakultas Tarbiyah, Universitas Al-Falah As-sunniyah
  • Nihna Atho’a Rosfalia Fakultas Tarbiyah, Universitas Al-Falah As-sunniyah
  • Firman Priyo Suhasto Fakultas Tarbiyah, Universitas Al-Falah As-sunniyah

DOI:

https://doi.org/10.51544/sentra.v4i1.5555

Keywords:

dua bahasa, kemampuan berbicara, anak usia dini, multikultural, perkembangan bahasa

Abstract

Penerapan dua bahasa di lingkungan multikultural telah menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti, terutama terkait dengan kemampuan berbicara anak usia dini. Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin meningkatnya interaksi antarbudaya yang mengharuskan anak-anak mempelajari dua bahasa sejak usia dini. Namun, ada kekhawatiran bahwasanya penerapan dua bahasa ini dapat memengaruhi perkembangan bahasa anak terlebih pada kemampuan berbicara, baik secara positif maupun negatif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis adanya dampak penerapan dua bahasa terhadap kemampuan berbicara anak usia 2-4 tahun dilingkungan multikultural. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan orang tua, serta dokumentasi perkembangan bahasa anak. Adapun subjek penelitian ini adalah 10 anak usia 2-4 tahun yang bertempat tinggal di lingkungan multikultural yang berada di kota besar di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dua bahasa memiliki dampak positif terhadap kemampuan berbicara anak, seperti adanya peningkatan kosakata dan kemampuan berpikir kritis. Akan tetapi, juga terdapat beberapa anak yang mengalami keterlambatan berbicara akibat paparan bahasa yang tidak seimbang antara bahasa ibu (bahasa pertama anak) dengan bahasa kedua. Faktor lingkungan, keterlibatan orang tua, serta konsistensi dalam penggunaan kedua bahasa menjadi determinan utama dalam pengembangan kemampuan berbicara anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baker, C. (2021). Impact of bilingualism on early language development: A review of the literature. Language Learning, 71(2), 238-259.

Bialystok, E. (2018). Bilingualism and Cognitive Development: A Critical Review. Bilingualism: Language and Cognition, 12(1), 3–11.

Bialystok, E., & Hakuta, K. (2015). Bilingualism and Language Acquisition: Pathways to Multilingualism. Cambridge University Press.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2023). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches(5th ed.). SAGE Publications.

Chondrogianni, V., & Marinis, T. (2015). "The development of bilingual children: A review of current research." Language Learning, 65(4), 1203-1229.

De Houwer, A. (2017). The Impact of Bilingualism on the Development of Speech in Early Childhood. Journal of Child Language.

Etikan, I., & Bala, K. (2017). "Sampling and sampling methods." Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 1-7.

Finkel, S. E., et al. (2023). "Concepts and strategies in longitudinal research: Assessing outcomes over time." Journal of Research Design and Statistics in Social Science.

Fitriyani, Noni. (2023). Pengaruh Bilingualisme Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia 7 Tahun. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 231-239.

Grosjean, F. (2018). Bilingual: Life and Reality. Harvard University Press.

Gupta, S., & Gupta, M. (2021). "Understanding Sampling Techniques in Research: A Critical Review." Journal of Applied Statistics, 48(3), 402-415.

Kim, Y. H., & Payán, R. M. (2020). The Impact of Multiculturalism on Bilingual Children’s Language Development in the Context of Parent-Child Interactions. International Journal of Bilingual Education and Bilingualism.

Oktary, D., dkk. (2023). Keterampilan Bicara (Speed Delay) pada Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2).

Oktaviani, dkk. (2024). Hubungan Stimulasi Aspek Bahasa dengan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun di TK PGRI 01 Botolinggo. TRILOGI: Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, dan Humaniora 5 (2), DOI: 10.33650/trilogi.v5i2.8604

Pearson, B. Z. (2019). Bilingualism and language development in early childhood. Cambridge University Press.

Pohl, A., & Kroll, J. F. (2021). Language development in multilingual settings: The role of bilingualism. Journal of Child Language, 48(4), 789–806.

Regan, V. (2019). Multilingualism and Early Childhood Education: The Impact on Speech and Cognitive Development. Journal of Early Childhood Research: Sage Journal.

Sofiyah, Aliyah. (2024). Peran Interaksi Sosial Terhadap Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Inspiraasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 3(3), DOI: https://doi.org/10.58192/insdun.v3i3.2229

Yuliafarhah, N., & Siagian, I. (2023). Keterlambatan Berbicara pada Balita Usia 3-4 Tahun di Lingkungan Kp. Utan RT002/RW002 Jakasetia, Bekasi Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 705-713.

Zhang, R., et al. (2021). "Technological media and its impact on modern education: Opportunities and challenges." Educational Technology Research and Development.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Nasikhah, I. D., Rosfalia, N. A., & Suhasto, F. P. (2025). DAMPAK PENERAPAN DUA BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 2-4 TAHUN DI LINGKUNGAN MULTIKULTURAL. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.51544/sentra.v4i1.5555