PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR PADA ANAK DI RA AL MAHABBAH
DOI:
https://doi.org/10.51544/sentra.v3i2.5228Keywords:
media pembelajaran digital, minat belajar anakAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar anak usia dini di RA Al Mahabbah Batang Kuis dipengaruhi oleh penggunaan sumber belajar digital. Teknik asosiatif penelitian kuantitatif yang menghubungkan setidaknya dua variabel digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan sebab akibat antara dua variabel, yaitu bagaimana keduanya saling mempengaruhi. Seluruh populasi remaja di RA Al Mahabbah Batang Kuis yang berjumlah 15 orang diambil sampelnya dengan menggunakan sampling jenuh. Kuesioner digunakan dalam proses pengumpulan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa minat belajar anak usia dini dipengaruhi oleh penggunaan sumber belajar digital. Nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 menunjukkan adanya pengaruh yang cukup signifikan antara penggunaan media pembelajaran digital terhadap minat belajar anak, yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 7,400 dan signifikansi sebesar 0,000. Dampak positifnya menunjukkan minat belajar anak usia dini meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan sumber belajar digital.
Downloads
References
Ardiansah, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pada Pelajaran Pai Di Sma Ypi Tunas Bangsa Palembang. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1-8. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i12019p001
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Febriyona, C., Supartini, T., & Pangemanan, L. (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. Jurnal Jaffray, 123-140. From https://ojs.sttjaffray.ac.id/JJV71/article/view/326/pdf_186
Muthmainnah. (2015). Pemanfaatan Video Clip Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Journal of Production Agriculture, 372-381.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2011). Media pendidikan : pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan pendekatan pailkem : Pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kharida Shaleha, Khairatun Nisa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.