PSIKOLOGI ANAK USIA DINI DI TK SYARIF AR-RASYID BINJAI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis psikologi anak usia dini di TK Syarif Ar-Rasyid Binjai dengan menggunakan lensa teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Psikologi anak usia dini merupakan cabang ilmu yang memfokuskan pada pemahaman dan analisis perkembangan psikologis anak pada rentang usia 0-6 tahun. TK Syarif Ar-Rasyid Binjai memandang bahwa setiap anak adalah individu yang unik, dengan kebutuhan perkembangan yang beragam. Oleh karena itu, pendekatan psikologi anak usia dini di TK ini diarahkan pada pemahaman mendalam terhadap karakteristik setiap anak, yang diintegrasikan ke dalam lingkungan pembelajaran. Dalam penelitian ini, metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara digunakan sebagai pendekatan untuk mengumpulkan data berupa kata-kata dan pemahaman mendalam tentang psikologi anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori perkembangan kognitif Piaget memberikan pedoman bagi guru dalam merancang pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Kesimpulannya, pemahaman mendalam tentang psikologi anak usia dini di TK Syarif Ar-Rasyid Binjai menjadi landasan bagi pengembangan strategi pendidikan yang lebih baik, memberikan dampak positif pada masa depan anak-anak dan masyarakat secara keseluruhan. Kolaborasi erat antara sekolah dan keluarga menjadi kunci keberhasilan, dengan dukungan orang tua yang menjadi faktor penentu. Dengan mengintegrasikan teori perkembangan kognitif Piaget dengan praktik pembelajaran yang kreatif, sekolah dapat menciptakan lingkungan pendidikan yang merangsang pertumbuhan holistik anak-anak.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aisyah, S., Murniati, Y., Ariani, T., Yarni, L., Sjech, U., Djamil, M., Bukittinggi, D., Kampus, A. :, Gurun Aua, J., Putiah, K., Aur, K., Tigo, B., & Bukittinggi, B. (2024). Perkembangan Usia Dini (Masa Kanak-Kanak Awal). Bahasa Dan Ilmu Sosial, 2, 332–344. https://doi.org/10.61132/nakula.v2i1.496
Amanda Putri, T., Studi Bimbingan Konseling, P., Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, F., Novrianti Program Studi Bimbingan Konseling, V., Dini Program Studi Bimbingan Konseling, R., & Yarni Program Studi Bimbingan Konseling, L. (2024). PERKEMBANGAN AKHIR MASA ANAK-ANAK. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(1), 194–204.
Dari, D., Psikologis, A., Intan, A., & Wijaya, P. (2024). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan.
Kurniawati, L., Alimun Utama, A., Psikologi dan Humaniora, F., & Teknologi Sumbawa, U. (n.d.). (2024). Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini di TK ABA Sumbawa. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JUPE/index
Lestari Yuli. (2022). Keperawatan Anak 1. Cv Pustaka Indonesia.
Matara Kusumawaty. (2023). Psikologi Pendidikan. Selat Media Patners.
Mulyeni, S., Sutisna, J., Suminar, E. R., & Herlina, H. (2023). Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia (PDPI) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun. In Indonesian Journal of Social Science (IJSS) (Vol. 1, Issue 1).
Nova Liani, P., & Syafrudin, U. (2023). IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam Identifikasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Reva Kids Kabupaten Bandar Lampung. http://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan
Pada, Emosional, Anak Usia, ve Adriana Sasmita, “Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Sosial”, 1.2 (2021), 70–76
Pesantren, Institut, K H Abdul Chalim, Institut Pesantren, ve K H Abdul Chalim, “Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun”, May, 2020 <https://doi.org/10.31219/osf.io/p5gu8>
Sukumaran, Pooja A., ve Bhavani B. Balakrishna, “Parenting styles and social- emotional development of preschool children”, International Journal of Contemporary Pediatrics, 8.12 (2021), 1952 <https://doi.org/10.18203/2349- 3291.ijcp20214534>
Rahmania Tia. (2023). Psikologi Perkembangan. PT Sada Kurnia Pustaka.
Sary, Y. N. E. (2023). Fenomena Kekerasan Psikologis pada Anak Usia Dini dalam Keluarga. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 76–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3736
Scholes-Balog, K. E., Hemphill, S. A., Heerde, J. A., Toumbourou, J. W., & Patton, G. C. (2020). Childhood social environmental and behavioural predictors of early adolescent onset cannabis use. Drug and Alcohol Review, 39(4), 384–393. https://doi.org/10.1111/dar.13077
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA