PROBLEMATIKA KODE ETIK GURU DI TK IKHLASUL ‘AMAL

Authors

  • Jamilah Zr Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lanny Suryani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabilah Araminta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurul Atika Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3584

Keywords:

guru, kode etik, Problematika

Abstract

Guru yang profesional adalah yang mampu menyiapkan perangkat pembelajaran dengan baik. Oleh karena itu, guru yang merupakan salah satu unsur di bidang kependidikan harus berperan serta secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga professional sesuai dengan perkembangan masyarakat saat ini. Hal inilah yang disebut dengan pekerjaan yang memiliki kode etik. Kode etik inilah yang memberikan jawaban bagaimana seharusnya guru berinteraksi. Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang digunakan untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti sehingga memudahkan mendapatkan data yang objektif. Penelitian kualitatif ini merupakan penelitian yang bersifat alamiah dan data yang dihasilkan berupa deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tujuan penelitian ini supaya kita mengetahui problematika-problematika guru di TK Ikhlasul ‘Amal. Disini kami juga menggunakan metode observasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Belajar dan Pembelajaran, ibid., h.109.

Agung, Iskandar, 2010. Meningkatkan kreativitas pembelajaran bagi guru, Jakarta: Bestari Buana Murni.

Agung, Iskandar, 2010. Meningkatkan kreativitas pembelajaran bagi guru, Jakarta: Bestari Buana Murni.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Bulan Bintang, 2002), h.276.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009), 239- 247.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, ibid., h.249.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan anak didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhaimin, 2002. Paradigma pendidikan Islam

: upaya mengefektifkan Pendidikan agama islam di sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, 2002. Paradigma pendidikan Islam

: upaya mengefektifkan Pendidikan agama islam di sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E., 2005. Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS Dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E., 2005. Menjadi kepala sekolah profesional dalam konteks menyukseskan MBS Dan KBK, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ramayulis dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2009), h.149.

Sudjana, Nana. 1998. Cara belajar siswa dalam proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Zr, J., Suryani, L., Araminta, N., & Atika, N. (2023). PROBLEMATIKA KODE ETIK GURU DI TK IKHLASUL ‘AMAL. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–57. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3584