PELANGGARAN KODE ETIK BERUPA KEKERASAN FISIK YANG DILAKUKAN OLEH GURU KEPADA MURIDNYA
Main Article Content
Abstract
Profesionalisme, atau kesempurnaan kerja seorang ahli, merupakan satu-satunya prilaku yang menghasilkan kemampuan, bakat, dan kedisiplinan seseorang dalam suatu profesi kesempurnaan dalam melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan bidang utamanya sambil menerapkan aturan-aturan yang ditetapkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana tingkah laku professional seorang guru di sebuah TK yaitu TK AB di PerumahanXenia Village, Jalan Pasar II Sidirejo, Namo Rambe, Kab. Deli Serdang, Sumarta Utara. Tujuannya adalah untuk mengetahui profesionalisme guru di TK AB yang banyak beredar berita buruk di kalangan orang tua murid bahwasanya guru tersebut telah melakukan kekerasan fisik. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan. Metode penelitian menggunakan metode wawancara dari orang tua murid yang dimana hasil wawancara tersebut membuktikan bahwa guru tersebut telah melakukan tindakan yang melanggar kod etik seorang guru.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Hadi. (2004). H, 217
Hanafi, H. (2018). Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah : Deepublish
Helmi, J. (2015). Kepemimpinan profesionalisme guru. Al- Ishlah.(Jurnal pendidikan, 7(2),318-336
Maghfiroh, S.,& Eliza, D.(2021). Mengenal Standard an etika profesionalisme guru PAUD. Tambusai; 5(2),2707-2711
Musriadi.(2016). Profesi kependidikan secara teoritis dan aplikatif. (Yogyakarta : deepublish)
Ridwan. (2004). Metode riset. (Jakarta; Rineka Cipta). h, 104
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. (bandung: alfabeta) .h, 317
Suryana, D. profesionalisme guru pendidikan anak usia dini berbasis peraturan menteri no.58
Sutarsih. (2009). Etika Profesi. (Jakarta :dirjen pendis kemenag).