PELANGGARAN MORAL DAN ETIKA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI RA
Main Article Content
Abstract
Etika dan Moral mempunyai pengertian yang hampir bersamaan/berkaitan, karena keduanya mengandung nilai dan normauntuk mengatur tingkah laku manusia, yang mengacu pada kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. Guru berperan sebagai sumber ilmu atau sumber belajar bagi siswanya. Siswa akan belajar dari apayang diberikan oleh gurunya. Di sinilah guru harus berhati-hati dalam bertutur kata danberperilaku, sebab semuanya akan ditiru oleh siswanya. Karena itu, sudah guru memiliki etika dan moral yang baik dalam melakukan tugasnya sebagai punggawa dalam proses pembelajaran.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdurrahman Fatoni, Op-Cit., hlm105.
Abdurrahman Fatoni, Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi (Jakarta: Rineka Cipta,2011), hlm.104
Islamiyah, Sofiyati. Etika dan Moral Dalam Pembelajaran
Istighfarotur Rahmaniyah. (2009).
Pendidikan Etika. Aditya Media. Malang.
Sukardi. (2016). Metodolgi Penelitian Pendidikan. Kakarta: Bumi Aksara
SutrisnoHadi ,Op-Cit., hlm 157.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Zheril dan Nurhafiza. (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 Nomor 2. Universitas Negeri Padang.