PENGELOLAAN REKOD PERPUSTAKAAN UNTUK EFISIENSI DAN KEMUDAHAN PENGELOLAAN KOLEKSI DI SDN 101827

Authors

  • Dinda Dwi Lestari Lestari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sulistiana Hidayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Diana Maulida Zakiah Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.51544/jnli.v2i1.6073

Keywords:

pengelolaan perpustakaan, rekod, sistem informasi, efisiensi, pelatihan pustakawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi pengelolaan rekod perpustakaan di SDN 101827 Tuntungan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan ketidakefisienan dalam pengelolaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem berbasis Excel memberikan kemudahan dasar, namun belum mampu memenuhi kebutuhan integrasi data secara menyeluruh. Faktor lain yang memengaruhi adalah keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya pelatihan khusus untuk staf perpustakaan. Penelitian ini merekomendasikan penerapan Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan (SIMP) dan pelatihan pustakawan sebagai solusi utama. SIMP mampu menyediakan fitur integrasi data yang lebih baik, sedangkan pelatihan membantu meningkatkan kompetensi staf perpustakaan. Dengan langkah-langkah ini, perpustakaan diharapkan mampu memberikan layanan yang lebih optimal bagi siswa dan guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurnia, R. (2018). Optimalisasi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Pustaka Edukasi.

Meiratri, L., Suryadi, T., & Hadi, R. (2020). Penggunaan Sistem Informasi Manajemen dalam Optimalisasi Perpustakaan Sekolah. Jurnal Manajemen Informasi Perpustakaan, 15(2), 45-58.

Rahmi, S. (2021). Pelatihan Perpustakaan Digital dan Pengaruhnya terhadap Layanan Perpustakaan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 10(1), 22-30.

Silvana, I., Wahyuni, R., & Priyanto, A. (2014). Penerapan Sistem Informasi Perpustakaan di Sekolah Dasar: Studi Kasus. Jurnal Teknologi Informasi Pendidikan, 8(3), 95-103.

Ganggi, R. I. P., & Nindrapramesti, E. (2021). Persepsi Pemustaka terhadap Penggunaan Skema Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) Di Perpustakaan Kota Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 5(4), 591-602.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Cet kedelapan. Jakarta: Alfabeta.Ardhiyanti, V., Khadijah, U. L. S., & Sumiati, T. (2012). Kegiatan preservasi preventif arsip di Bank Indonesia Bandung. EJurnal Mahasiswa Universitas Padjadjaran, 1(1), 1–13.

Subadi, T. (2006). Metode Penelitian Kualitatif (Cet 1). Muhammadiyah University Press.

Indrahti, S., Maziyah, S., Alamsyah, A., Yuliati, D., Nuha, M. U., Alfharezi, M. S., ... & Rahayuningrum, H. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Melalui Penerapan Inventarisasi, Klasifikasi, dan Preservasi Koleksi untuk Meningkatkan Akses dan Pemanfaatan Materi Bacaan. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 7-13.

Dwiyantoro, D., & Junandi, S. (2021). Sistem Informasi Manajemen Arsip Dinamis Berbasis Microsoft Access pada Lembaga Pendidikan Dasar di Kota Pekanbaru Tahun 2020. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan, 14(1), 15-38.

Downloads

Published

2025-06-30