PERAN PUSTAKAWAN DALAM PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.51544/jnli.v2i1.5930Keywords:
Pengembangan koleksi, Koleksi perguruan tinggiAbstract
Artikel ini membahas tentang peran pustakawan dalam pengembangan koleksi perpustakaan. Hal ini ditandai dengan banyaknya bahan pustaka yang diterbitkan dan dibutuhkan pengelolaan pengadaan koleksi yang baik dan berkesinambungan. Agar dapat memenuhi tuntutan pengguna perpustakaan terhadap kebaruan informasi yang dibutuhkan (ga lengkap, apa kelanjutanya). Melalui sumbangan mahasiswa tingkat akhir Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma Tangerang dinilai dapat mengembangkan koleksinya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran mahasiswa dalam pengembangan koleksi di perpustakaan universitas Buddhi Dharma Tangerang Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Tangerang sangat berperan aktif dalam melakukan pengembangan koleksi melalui sumbangan dengan prosedur kebijakan perpustakaan pada periode 2017-2020 sebanyak 1.975 judul dan 2.532 eksemplar, melalui hibah dari Bank Indonesia (BI) dan hasil kerjasama dengan The Asian Foundation serta sumbangan dari mahasiswa tingkat akhir.
Downloads
References
Evans, G. E., & Saponaro, M. Z. (2005). Developing Library and Information Center Collection. United States: Greenwood Publishing Group.
Fuady, N. (2020). Metode pengadaan koleksi di perpustakaan. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.24952/ktb.v2i2.2470
Gusnimar, & Delman. (2012). Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Politeknik Pertanian Universitas Andalas Payakumbuh. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 133–140. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/495-0934
Harisanty, D. (2009). Kebutuhan informasi siswa sma dan ketersediaan sumber informasi pada perpustakaan sma di surabaya. Jurnal Palimpsest, 1(1), 1–17. Retrieved from https://journal.unair.ac.id/PALIM@kebutuhan-informasi-siswa-sma-dan-ketersediaan-sumber-informasi-pada-perpustakaan-sma-di-surabaya-article-11081-media-86-category-8.html
Perpustakaan Nasional RI. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.
Soeatminah. (1992). Perpustakaan kepustakawanan dan Pustakawan. Jakarta: Kanisius.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.
Utama, E. S., Sudiar, N., & Amelia, V. (2021). Relevansi Koleksi Perpus Takaan Dengan Kebutuhan Informasi Pengguna Di Peprpustakaan Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Visi Pustaka: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 23(2), 99–116. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i2.1302
Winoto, Y., & Sukaesih, S. (2016). Studi Tentang Kegiatan Pengembangan Koleksi (Collection Development) pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Wilayah Priangan Timur Provinsi Jawa Barat. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 118–129. https://doi.org/10.24252/kah.v4i22
Yudisman, S. N., & Suprobojati, B. (2018). Pengembangan Koleksi Upt Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Yogyakarta (AMPTA). Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 1(2), 211. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.377
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Net. Library and Information

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang ingin menerbitkan artikelnya dengan jurnal Jurnal Net. Library and Information (JNLI) mengakui bahwa hak cipta artikel yang diterbitkan secara non-eksklusif dialihkan ke penerbit jurnal sebagai penerbit awal artikel tersebut. Penggunaan artikel yang diterbitkan mengikuti lisensi CC BY-SA 4.0 di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
This work is licensed under a CC BY-SA 4.0 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License






