PERAN PUSTAKAWAN DALAM PENGEMBANGAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BUDDHI DHARMA KOTA TANGERANG

Authors

  • Yusrin Karauna Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Muhammad Fadli Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jnli.v2i1.5930

Keywords:

Pengembangan koleksi, Koleksi perguruan tinggi

Abstract

Artikel ini membahas tentang peran pustakawan dalam pengembangan koleksi perpustakaan. Hal ini ditandai dengan banyaknya bahan pustaka yang diterbitkan dan dibutuhkan pengelolaan pengadaan koleksi yang baik dan berkesinambungan. Agar dapat memenuhi tuntutan pengguna perpustakaan terhadap kebaruan informasi yang dibutuhkan (ga lengkap, apa kelanjutanya). Melalui sumbangan mahasiswa tingkat akhir Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma Tangerang dinilai dapat mengembangkan koleksinya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran mahasiswa dalam pengembangan koleksi di perpustakaan universitas Buddhi Dharma Tangerang Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa Universitas Buddhi Dharma Tangerang sangat berperan aktif dalam melakukan pengembangan koleksi melalui sumbangan dengan prosedur kebijakan perpustakaan pada periode 2017-2020 sebanyak 1.975 judul dan 2.532 eksemplar, melalui hibah dari Bank Indonesia (BI) dan hasil kerjasama dengan The Asian Foundation serta sumbangan dari mahasiswa tingkat akhir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evans, G. E., & Saponaro, M. Z. (2005). Developing Library and Information Center Collection. United States: Greenwood Publishing Group.

Fuady, N. (2020). Metode pengadaan koleksi di perpustakaan. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.24952/ktb.v2i2.2470

Gusnimar, & Delman. (2012). Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Politeknik Pertanian Universitas Andalas Payakumbuh. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 133–140. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/495-0934

Harisanty, D. (2009). Kebutuhan informasi siswa sma dan ketersediaan sumber informasi pada perpustakaan sma di surabaya. Jurnal Palimpsest, 1(1), 1–17. Retrieved from https://journal.unair.ac.id/PALIM@kebutuhan-informasi-siswa-sma-dan-ketersediaan-sumber-informasi-pada-perpustakaan-sma-di-surabaya-article-11081-media-86-category-8.html

Perpustakaan Nasional RI. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Perpustakaan Nasional RI.

Soeatminah. (1992). Perpustakaan kepustakawanan dan Pustakawan. Jakarta: Kanisius.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Utama, E. S., Sudiar, N., & Amelia, V. (2021). Relevansi Koleksi Perpus Takaan Dengan Kebutuhan Informasi Pengguna Di Peprpustakaan Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru. Visi Pustaka: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 23(2), 99–116. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v23i2.1302

Winoto, Y., & Sukaesih, S. (2016). Studi Tentang Kegiatan Pengembangan Koleksi (Collection Development) pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Wilayah Priangan Timur Provinsi Jawa Barat. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 4(2), 118–129. https://doi.org/10.24252/kah.v4i22

Yudisman, S. N., & Suprobojati, B. (2018). Pengembangan Koleksi Upt Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Yogyakarta (AMPTA). Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 1(2), 211. https://doi.org/10.30999/n-jils.v1i2.377

Downloads

Published

2025-06-30