PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PENCEGAHAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA TRENDBENDERS DI KECAMATAN MEDAN PETISAH
DOI:
https://doi.org/10.51544/jnli.v1i1.5341Keywords:
Literasi Digital, Perilaku CyberbullyingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Apakah literasi digital berpengaruh terhadap pencegahan perilaku cyberbullying pada Remaja Trendbenders di Kecamatan Medan Petisah, dan (2) Seberapa besar pengaruh literasi digital terhadap pencegahan perilaku cyberbullying pada Remaja Trendbenders di Kecamatan Medan Petisah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk menguji hubungan antara literasi digital dan perilaku cyberbullying. Populasi serta sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 30 orang Remaja Trendbenders dengan pengambilan teknik sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis, uji parsial (t), dan uji koefisien determinasi (R2). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner kepada 30 orang Remaja Trendbenders. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan sebagai pencegahan perilaku cyberbullying pada Remaja Trendbenders. Literasi digital berpengaruh terhadap pencegahan perilaku cyberbullying sebesar 36,1% serta mendukung hipotesis bahwa literasi digital efektif sebagai upaya pencegahan cyberbullying di kalangan Remaja Trendbenders di Kecamatan Medan Petisah.
Downloads
References
Agusti. (2020). Profil Perilaku Perundungan Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1165-1180.
https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/226
Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 228-236.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624
Chadwick, S. (2019). Impacts Of Cyberbullying, Building Social And Emotional Resilience In Schools. Australia: Springerbriefs In Education. https://books.google.co.id/books?id=4gfHBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2021). Kerangka Kerja Acuan Penyelenggaraan Literasi Digital. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/KerangkaKerjaAcuanPenyelenggaraanLiterasiDigital2021.
Mulyana, N., Awaluddin, A. I., SE, M., Baskara, B. S., Mulyana, R., Hadian, T., & Anggaraeini, D. (2023). Pencegahan Konflik Sosial dan Penanggulangan Kenakalan Remaja
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195-202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Pratama, D., & Sari, Y.P. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja. Jurnal Edukasimu, 1(3), 1-9. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/49
Ridwan, B, & Indra. Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula (2021). Jambi: Anugrah Pratama Press.
Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pringsewu tahun 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18–24 https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.182.
Suherdi, D., Rezki, S.F., Apdila, D., Sinuraya, J., Sahputra, A. Syahputra, D., & Wahyuni, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemik. Medan: Cattleya Darmaya Fortuna
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Widyayanti, N., Arofah, H., & Awali, A. N. A. (2022). Regulasi Emosi dan Perilaku Cyberbullying pada Remaja Awal. Jurnal Spirits, 12(2), 78-85. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i2.12810
Winoto, Y., & Sopian, A. R. (2019). Remaja dan Pandangannya Terhadap Cyberbullying pada Media Facebook. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 121–132.
https://doi.org/10.33884/commed.v3i2.980
World Health Organization (WHO). 2023. Definition of Adolescence. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-health
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kudri Vinces Sarumaha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.