PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PENCEGAHAN PERILAKU CYBERBULLYING PADA REMAJA TRENDBENDERS DI KECAMATAN MEDAN PETISAH

Authors

  • Kudri Vinces Sarumaha Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jnli.v1i1.5341

Keywords:

Literasi Digital, Perilaku Cyberbullying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Apakah literasi digital berpengaruh terhadap pencegahan perilaku cyberbullying pada Remaja Trendbenders di Kecamatan Medan Petisah, dan (2) Seberapa besar pengaruh literasi digital terhadap pencegahan perilaku cyberbullying pada Remaja Trendbenders di Kecamatan Medan Petisah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif untuk menguji hubungan antara literasi digital dan perilaku cyberbullying. Populasi serta sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 30 orang Remaja Trendbenders dengan pengambilan teknik sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus). Metode analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis, uji parsial (t), dan uji koefisien determinasi (R2). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu penyebaran kuesioner kepada 30 orang Remaja Trendbenders. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh  positif dan signifikan sebagai pencegahan perilaku cyberbullying pada Remaja Trendbenders. Literasi digital berpengaruh terhadap pencegahan perilaku cyberbullying sebesar 36,1% serta mendukung hipotesis bahwa literasi digital efektif sebagai upaya pencegahan cyberbullying di kalangan Remaja Trendbenders di Kecamatan Medan Petisah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusti. (2020). Profil Perilaku Perundungan Terhadap Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kota Serang Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(3), 1165-1180.

https://journal.formosapublisher.org/index.php/mudima/article/view/226

Ahsani, E. L. F., Romadhoni, N. W., Layyiatussyifa, E. L., Ningsih, W. N. A., Lusiana, P., & Roichanah, N. N. (2021). Penguatan Literasi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Indonesia Den Haag. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 228-236.

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179-188. https://doi.org/10.25077/jmu.8.1.179-188.2019

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. PILAR, 14(1), 15-31. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

Chadwick, S. (2019). Impacts Of Cyberbullying, Building Social And Emotional Resilience In Schools. Australia: Springerbriefs In Education. https://books.google.co.id/books?id=4gfHBAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2021). Kerangka Kerja Acuan Penyelenggaraan Literasi Digital. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/KerangkaKerjaAcuanPenyelenggaraanLiterasiDigital2021.

Mulyana, N., Awaluddin, A. I., SE, M., Baskara, B. S., Mulyana, R., Hadian, T., & Anggaraeini, D. (2023). Pencegahan Konflik Sosial dan Penanggulangan Kenakalan Remaja

Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195-202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Pratama, D., & Sari, Y.P. (2021). Karakteristik Perkembangan Remaja. Jurnal Edukasimu, 1(3), 1-9. http://edukasimu.org/index.php/edukasimu/article/view/49

Ridwan, B, & Indra. Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula (2021). Jambi: Anugrah Pratama Press.

Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pringsewu tahun 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18–24 https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.182.

Suherdi, D., Rezki, S.F., Apdila, D., Sinuraya, J., Sahputra, A. Syahputra, D., & Wahyuni, D. (2021). Peran Literasi Digital di Masa Pandemik. Medan: Cattleya Darmaya Fortuna

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widyayanti, N., Arofah, H., & Awali, A. N. A. (2022). Regulasi Emosi dan Perilaku Cyberbullying pada Remaja Awal. Jurnal Spirits, 12(2), 78-85. https://doi.org/10.30738/spirits.v12i2.12810

Winoto, Y., & Sopian, A. R. (2019). Remaja dan Pandangannya Terhadap Cyberbullying pada Media Facebook. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(2), 121–132.

https://doi.org/10.33884/commed.v3i2.980

World Health Organization (WHO). 2023. Definition of Adolescence. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/adolescent-health

Downloads

Published

2024-06-26