PERAN KOMUNIKASI DIGITAL BAGI INDIVIDU INTROVERT DALAM MEMBANGUN RELASI SOSIAL

Authors

  • Salman Hasibuan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Defhany Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rachel Mia Lbn. Toruan Universitas Pelita Harapan
  • Open Berkat Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v8i2.6460

Keywords:

Komunikasi Digital, Individu Intovert, Relasi Sosial

Abstract

Komunikasi digital merupakan proses penyampaian pesan atau informasi melalui media berbasis teknologi digital, seperti internet, media sosial, aplikasi pesan instan, email, dan platform digital lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi digital bagi individu introvert dalam membangun relasi sosial serta untuk mengetahui strategi dan tantangan individu introvert dalam menggunakan komunikasi digital dalam membangun relasi sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi, dimana informan dalam penelitian ini terdiri dari dua mahasiswa introvert, satu karyawan individu introvert dan satu orang psikologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi digital memiliki peran yang signifikan dalam membantu individu dengan kepribadian introvert membangun dan mempertahankan relasi sosial. Komunikasi digital memberikan ruang yang lebih aman, fleksibel, dan sesuai dengan kebutuhan psikologis introvert dalam mengekspresikan diri, terutama karena dapat mengurangi tekanan sosial yang biasanya muncul dalam komunikasi langsung. Dari sisi strategi, individu introvert cenderung menggunakan pendekatan tidak langsung, seperti membalas story, menyapa melalui teks, atau membahas topik yang ringan. Namun, mereka juga menyadari adanya tantangan, seperti risiko miskomunikasi, keterbatasan ekspresi non-verbal, kelelahan digital, hingga ketergantungan pada media sosial. Meski begitu, para informan menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dan mengembangkan strategi pengelolaan diri, seperti menggunakan emoji, melakukan klarifikasi, memilih platform yang nyaman, dan memberi jeda dalam penggunaan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiah, N., & Nengsi, F. (2022). Analisis relasi pertemanan melalui perilaku asertif pada mahasiswa IAIN Parepare. Indonesian Journal of Islamic Counseling, 4(2), 81–90.

Ak, A., Harahap, V. S., & Ab, S. (2021). Metode komunikasi interpersonal pada pelayanan pelanggan terhadap citra Perusahaan Listrik Negara (Persero) Rayon Takengon Kabupaten Aceh Tengah (Studi deskriptif keluhan tarif listrik di Kampung Bebesen). Jurnal Telangke, 4(1), 4.

Asari, A., Syaifuddin, E. R., Ningsi, N., Sudianto, H. D. M., Adhicandra, I., Nuraini, R., Baijuri, A., Pamungkas, A., Kusumah, F. G., Yuhanda, G. P., & Murti,

Aslan, A. (2019). Peran pola asuh orangtua di era digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20–34.

Betaubun, R. M. N. (2023). Buku Ajar Komunikasi Budaya Lokal. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Dharmajaya, M. A., & Minangkabawi, H. (2024). Building sustainable trust in disruptive communication: Media and digital communication perspective. Jurnal Komunikasi, 18(2), 268–269.

Hardani. (2020). Metode Penelitian & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu Group.

Herman. (2024). Pengaruh komunikasi digital terhadap pola komunikasi pada nilai- nilai budaya masyarakat modern. Jurnal Professional, 11(2), 507–510.

Khosiah, Hajrah, & Syafril. (2017). Persepsi masyarakat terhadap rencana pemerintah membuka area pertambangan emas di Desa Sumi Kecamatan Lambu Kabupaten Bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 1(2), 142–145.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.

Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.

Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.

Lumbantoruan, R., Napitupulu, E., & Zebua, A. (2024). Gaya Komunikasi Seorang Pemimpin Dalam Memotivasi Para Dosen Untuk Melakukan Tridarma. Jurnal Visi Komunikasi, 23(01), 31 - 41. doi:http://dx.doi.org/10.22441/visikom.v23i01.23565

Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Laoly, A. R. J., & Pasaribu, Y. (2025). Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial di PT. Mandiri Express. Jurnal Abdimas Mutiara, 6(1), 356-361.

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L., Dhefany, D., & Buulolo, E. (2025). STRATEGI PEMASARAN KAIN SONGKET (ULOS) TUMTUMAN DIKALANGAN PENENUN SONGKET MEDAN. JURNAL MUTIARA MANAJEMEN, 10(1), 35-42.

Napitupulu, E. E., Halawa, A., & Napitupulu, I. R. (2025). Sosialisasi Pentingnya Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris Guna Peningkatan Kompetensi. Jurnal Abdimas Mutiara, 6(1), 347-355.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Sihombing, M. (2024). Pengaruh Digital Branding Terhadap Minat Kunjung Pada Pelanggan D’raja Coffee. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 8(2), 149-160.

Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., Simamora, N., & Loi, J. S. (2023). PERAN PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS NASABAH DI PT ASURANSI RAMAYANA MEDAN. JURNAL MUTIARA MANAJEMEN, 8(2), 92-100.

Nisa, K., & Mirawati. (2022). Kepribadian introvert pada remaja. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 607.

Nugraha, G., & Zuhriah. (2023). Kepribadian introvert dalam kemampuan bersosialisasi pada mahasiswa ilmu komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO, 8(2), 224–225.

Nurdianti, A. (2023). Gambaran kepribadian introvert pada mahasiswa pengguna Twitter Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 9–10.

Ratnawita, S. E., Gunarso, S., Nataly, F., Tamtomo, T., Muksin, N. N., Rosalina, I. F., Ashfahani, S., Maduratna, E. S., Saktisyahputra, S., Sakti, S. R. M., Suminar, M., Zahara, N., Mustikadara, I. S., & Asiah, N. (2024). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Risnita, M. H., Jailani, M. S., & Asbui. (2024). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam riset ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 71–74.

Rozi, M. F., Tridianti, A., Husna, B. A., Hermayati, N. R., & Falasifah, N. (2023). Pengaruh kepribadian introvert terhadap perubahan lingkup sosial mahasiswa prodi pengembangan masyarakat Islam angkatan tahun 2021. Jurnal Empati, 12(5), 337–341.

Ruliana, P., & Lestari, P. (2021). Teori Komunikasi. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sihombing, M. U. S., Napitupulu, E. E., Harefa, H. S. A., & Harefa, S. B. (2024). PERAN KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MAHASISWA BARU MELALUI MEDIA PROMOSI UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA. JURNAL MUTIARA MANAJEMEN, 9(1), 139-145.

Siregar, R. Y., Lumbantoruan, R. M. L., & Hamzah, A. H. P. (2025). Gen Z and Interpersonal Conflict Management:(A Phenomenological Study of Communication Science Students at Dharmawangsa University). CONTENT: Journal of Communication Studies, 3(01), 01-10.

Septyawati, D., & Apriani, P. R. (2023). Relasi dalam kehidupan sehari-hari: Telaah singkat pemikiran Harits Aufaa Abyan. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 2(2), 58–61.

Sobur, A., & Mulyana, D. (2020). Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahputri, A. Z., Fallenia, F. D., & Syafitri, R. (2023). Kerangka Berfikir Penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 161.

Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.

Sitepu, Y. S., Februati Trimurni, & Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Radio Komunitas Desa (RKD) di Kabupaten Deli Serdang . Jurnal SOLMA, 12(3), 1100–1109. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13103

Sihombing, M., Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Laia, H. A. M., & Buulolo, E. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 227-235.

Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.

Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Simamora, N., & Telaumbanua, D. M. H. (2023). Strategi Komunikasi Dalam Proses Negosiasi Penandatangan Kuasa Di Kantor Hukum Rolando Marpaung & Partners. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(2), 389-396.

Toruan, R. M. L. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Etika Pelanggan Dalam Memberikan Respone Terhadap Penyajian Makanan Di Hub D'raja Coffee. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(2), 381-388.

Toruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Simamora, N., Sihombing, M. U. S., & Bohalima, S. (2025). Pelatihan Membaca dan Menulis Naskah Berita pada Siswa/i di SMA Negeri 5 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 6(1), 56-61.

Toruan, R. M. L. L., Simamora, N., Sihombing, M., Zebua, A. I., & Laia, E. M. J. (2024). Sosialisasi Peran Public Relations dalam Peningkatan Citra di Kantor Hukum Rolando Marpaung. Jurnal Abdimas Mutiara, 5(1), 377-383.

Toruan, R. M. L., Aulia, M., & Laia, M. H. (2024). Pelatihan Communication In English di PT. Mitra Sejati Rejeki. Jurnal Abdimas Mutiara, 5(2), 372-377.

Toruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Simamora, N., Sihombing, M. U. S., & Bohalima, S. (2025). Pelatihan Membaca dan Menulis Naskah Berita pada Siswa/i di SMA Negeri 5 Medan. Jurnal Abdimas Mutiara, 6(1), 56-61.

Toruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Simamora, N., Sihombing, M. U. S., & Dabukke, O. (2025). PELATIHAN PUBLIC SPEAKING BAGI REMAJA DI SMAN 1 PANTAI LABU. Jurnal Abdimas Mutiara, 6(2), 268-274.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif, dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2897–2898

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Zulhafandi, & Ariayanti, R. (2020). Psikologi Komunikasi Plus Uji Profil Kepribadian. Banyumas: CV. Amerta Media.Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.

Downloads

Published

2025-12-15