PENGARUH KECENDERUNGAN KEPRIBADIAN CONSCIENTIOUSNESS DAN SELF-EFFICACY TERHADAP SOCIAL LOAFING PADA MAHASISWA

Authors

  • Nurhafita Rahmawati Universitas Malahayati
  • Dewi Lutfianawati Universitas Malahayati
  • Supriyati Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v8i2.6329

Keywords:

conscientiousness, self-efficacy, social loafing, mahasiswa

Abstract

Latar belakang: Dunia perkuliahan adalah tahap penting bagi pengembangan diri mahasiswa. Salah satu sarana pembelajaran adalah kerja kelompok, yang bertujuan melatih kemandirian, rasa tanggung jawab, dan kerja sama.

Tujuan: untuk mengetahui pengaruh kepribadian conscientiousness dan self-efficacy terhadap perilaku social loafing mahasiswa.

Metode: menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik quota sampling terhadap 150 mahasiswa aktif Universitas Malahayati dari 15 program studi menggunakan analisis data regresi linier berganda.

Hasil: menunjukkan bahwa conscientiousness dan self-efficacy secara simultan berpengaruh signifikan terhadap social loafing. Secara parsial, conscientiousness berpengaruh negatif signifikan terhadap social loafing, begitu pula self-efficacy yang juga memiliki pengaruh negatif signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan kedisiplinan, tanggung jawab, dan keyakinan diri mahasiswa berkontribusi pada penurunan perilaku social loafing.

Kesimpulan: menguatkan pentingnya aspek kepribadian conscientiousness dan self-efficacy menjadi perhatian serius untuk menunjang prestasi dan efektivitas kerja kelompok mahasiswa, khususnya dalam merancang intervensi untuk meningkatkan motivasi dan kerja sama mahasiswa dalam pembelajaran kelompok di perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, I. M., Susanti, R., & Yunis, R. F. (2019). Properti psikometrik dan struktur skala kemalasan sosial (social loafing) pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(2), 141-153.

Akhtar, H., & Azwar, S. (2019). Indonesian Adaptation and Psychometric Properties Evaluation of the Big Five Personality Inventory: IPIP-BFM-50. Jurnal Psikologi, 46(1), 32.

Anggraeni, F., & Alfian, I. N. (2015). Hubungan kohesivitas dan social loafing dalam pengerjaan tugas berkelompok pada mahasiswa psikologi universitas airlangga. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 4(2), 81-87.

Aulia, H., & Saloom, G. (2013). Pengaruh kohesivitas kelompok dan self efficacy terhadap social loafing pada anggota organisasi kedaerahan di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Tazkiya, 1(1), 1–10.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1977). Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215.

Barry, B., & Stewart, G. L. (1997). Composition, process, and performance in self-managed groups: The role of personality and group member homogeneity. Journal of Organizational Behavior, 18(4), 275–295

Budiwaskito, R. (2010/2011). Margin of Error (Makalah untuk mata kuliah Probabilitas dan Statistik). Institut Teknologi Bandung.

Erzen, I., & Özabacı, N. (2021). The role of interpersonal relationships in group performance: A review. Journal of Social Psychology Studies, 15(2), 123–138.

Feist, J. & Feist, J., G. (2010). Teori Kepribadian Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.

George, J. M. (1992). Extrinsic and Intrinsic Origins of Perceived Social loafing in Organizations. Academy of Management Journal, 35(1), 191–202.

George, J. M. (1992). The role of personality in organizational social loafing. Academy of Management Journal, 35(4), 807-827.

Hayaton, L. (2023). Hubungan antara self-efficacy dengan social loafing pada siswa MAN 3 Banda Aceh [Skripsi, Universitas Ar-Raniry]. Repositori Universitas Ar-Raniry. https://repository.ar-raniry.ac.id/40757/1/Layni%20Hayaton.pdf

Karau, S. J., & Williams, K. D. (1993). Social loafing: A meta-analytic review and theoretical integration. Journal of Personality and Social Psychology, 65(4), 681–706.

Libarnes, J. B. M., Cataquez, J. S., Bombales, K., Khua, H. A. G., & Cuarte, R. (2021). Personality traits as predictors of social loafing behavior in collaborative tasks among university students. International Journal of Psychology and Behavioral Sciences,

Mammadov, S. (2021). Big Five personality traits and academic performance: A meta‐analysis. Journal of Personality, 90(4), 1234–1258.

McCrae, R. R., & Costa, P. T., Jr. (1999). A Five-Factor theory of personality. In L. A. Pervin & O. P. John (Eds.), Handbook of personality: Theory and research (2nd ed., pp. 139–153). Guilford Press.

McCrae, R. R., & John, O. P. (1992). An introduction to the five-factor model and its applications. Journal of Personality, 60(2), 175-215.

Narotama, I. B. I., & Rustika, I. M. (2019). Peran Harga Diri dan Efikasi Diri Terhadap Social loafing pada Mahasiswa Preklinik Program Penelitian Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 1281–1292.

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas konstruk instrumen General Self Efficacy Scale versi Indonesia. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 15(1), 1–9

Nur’aini, N., & Saloom, G. (2024). Pengaruh conscientiousness terhadap social loafing mahasiswa dalam bekerja kelompok. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1)

Paksi, E. W. H., Okfrima, R., & Mariana, R. (2020). Hubungan antara kohesivitas dan motivasi berprestasi dengan kemalasan sosial (social loafing) pada mahasiswa jurusan psikologi Universitas Negeri Padang. Psyche 165 Journal, 13(1), 53–59.

Piezon, S., & Ferree, N. (2008). Social loafing: The Ringelmann effect. Journal of Applied Psychology.

Pratama, K. D., & Aulia, F. (2020). Faktor-faktor yang berperan dalam pemalasan sosial (social loafing): Sebuah kajian literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1460–1468.

Pratama, P. Y. S., & Wulanyani, N. M. S. (2018). Pengaruh kuantitas, kemampuan komunikasi interpersonal, dan perilaku altruisme anggota kelompok terhadap social loafing dalam proses diskusi kelompok di fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 197-206

Sarwono, S. W. (2005). Psikologi Sosial: Individu dan Kelompok. Jakarta: Balai Pustaka.

Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). Generalized Self-Efficacy scale. Dalam J. Weinman, S. Wright, & M. Johnston (Ed.), Measures in health psychology: A user’s portfolio. Causal and control beliefs (hal. 35-37). Windsor, UK: NFER-NELSON.

Tan, H. H., & Tan, C. S. (2008). Personality and social loafing: The moderating role of task interdependence. Journal of Managerial Psychology, 23(3), 292–310.

Themanson, J. R., & Rosen, P. J. (2015). Examining the relationships between self-efficacy, task-relevant attentional control, and task performance: Evidence from event-related brain potentials. British journal of psychology, 106(2), 253–271.

Titisemita, A. (2021). Hubungan antara self efficacy dengan social loafing mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 45-54

Yang, D., Tu, C. C., & He, T. B. (2023). Effect of conscientiousness on social loafing among male and female Chinese university students. The Asia-Pacific Education Researcher, 1–11.

Downloads

Published

2025-12-01