PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN FUTURE TIME PERSPECTIVE TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA SMA NEGERI DI KOTA METRO

Authors

  • Indah Nur Aini S Universitas Malahayati
  • Asri Mutiara Putri Universitas Malahayati
  • Prida Harkina Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v8i2.6294

Keywords:

kematangan karir, dukungan orang tua, future time perspective, siswa SMA

Abstract

Latar belakang: Kematangan karier merupakan kesiapan individu dalam merancang, memilih, dan mengambil keputusan karir secara bertanggung jawab. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan future time perspective terhadap kematangan karir pada siswa SMA Negeri di Kota Metro.

Metode: menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Subjek penelitian berjumlah 329 siswa dari lima SMA Negeri di Kota Metro yang dipilih melalui teknik kuota sampling. Instrumen penelitian terdiri dari tiga skala: skala kematangan karir, skala dukungan orang tua, dan skala future time perspective.

Hasil: uji F menunjukkan bahwa dukungan orang tua dan future time perspective secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kematangan karier. Namun secara parsial, hanya dukungan orang tua yang memiliki pengaruh terhadap kematangan karir, sedangkan future time perspective tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Sumbangan efektif dukungan orang tua sebesar 3,11%, sedangkan future time perspective sebesar 0,23%. Hasil ini menunjukkan bahwa dukungan orang tua memiliki peran yang lebih dominan dibandingkan  future time perspective dalam membentuk kesiapan karier siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmaja, T. T. (2014). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57.

Bandura, A. (1986). Social Foundations of Thought and Action: A Social Cognitive Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development: experiments by nature and design. Harvard university press.

Brown, S. D., & Lent, R. W. (Eds.). (2013). Career development and counseling: Putting theory and research to work (2nd ed.). John Wiley & Sons.

Canavan, J., Dolan, P., & Pinkerton, J. (2000). Family support: Direction from diversity. Jessica Kingsley Publishers.

Cate, R. A., & John, O. P. (2007). Testing models of the structure and development of future time perspective: Maintaining a focus on opportunities in middle age. Psychology and Aging, 22(1), 186–201.

Gati, I., & Saka, N. (2001). High school students' career-relateddecision-making difficulties. Journal of Counseling & Development, 79(3), 331-340

Hidayatussani, N., Fitriana, S., & Maulia, D. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Perencanaan Karir Remaja Karang Taruna. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 107-111.

https://lampung.idntimes.com/life/education/silviana-4/9-alasan-metro-dijuluki-kota-pendidikan-sudah-tahu?utm_source (yang diakses pada 28-02-2025)

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-metro/baca-artikel/12792/Kota-Metro-Kota-Dengan-Kemajuan-Pendidikan-yang-Menggembirakan.html?utm_source (yang diakses pada 28-02-2025)

https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/Njc0IzI=/pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan.html (yang di akses pada 30-04-2025)

https://metrokota.bps.go.id/id/statistics-table/3/ZURVeVVGRlljVWRMV25JeVEwVkRWa29yWldsR1p6MDkjMyMxODcy/jumlah-desa-sup-1--sup--kelurahan-yang-memiliki-fasilitas-sekolah-menurut-kecamatan-dan-tingkat-pendidikan-di-kota-metro.html?year=2024 (yang diakses pada 30-04-2025)

https://metrokota.bps.go.id/id/statistics-table/3/YTFsRmNubEhOWE5ZTUZsdWVHOHhMMFpPWm5VMFp6MDkjMw==/jumlah-sekolah--guru--dan-murid-sekolah-menengah-atas--sma--di-bawah-kementerian-pendidikan--kebudayaan--riset--dan-teknologi-menurut-kecamatan-di-kota-metro--2016.html?year=2024 (yang di akses pada 30-04-2025)

Junita, S., Said, A., & Ardi, Z. (2020). The relationship of parental social support to student career planning. Jurnal Neo Konseling, 2(1).

Khairani, A. Pengaruh school engagement, future time perspective dan dukungan sosial orang tua terhadap kematangan karier siswa SMK kelas XII di Jabodetabek (Bachelor's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kooij, D., Kanfer, R., Betts, M., & Rudolph, C. (2018). Future TIme Perspective on Work Engagement and Job Performance The Role of Job Crafting. Journal of Applied Psychology, 103(8), 867-893.

Kurniawati, R., & Dewi, D. K. (2022). Pengaruh future time perspective terhadap kematangan karir mahasiswa tingkat akhir. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 153-163.

Kusumastuti, A. Khoiron, AM., Achmadi TA.(2020). Metode Penelitian Kuantitatif-Adhi Kusumastuti. Doctoral dissertation, Ph. D., Ahmad Mustamil Khoiron, M. Pd., Taofan Ali Achmadi, M. Pd, Deepublish-Google Buku.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44-51.

Peetsma, T. T. D., & van der Veen, I. (2011). Relations between the development of future time perspective in three life domains, investment in learning, and academic achievement. Learning and Instruction, 21(3), 481-494.

Putra, A. E., & Yusuf, A. (2022). Kontribusi konsep diri dan dukungan orang tua terhadap perencanaan karier siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 156.

Purwanto, E. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif. Pustaka mandiri.

Ramadhon, H. W. A., & Hapsari, R. (2023). Self Disclosure Remaja Menghadapi Quarter Life Crisis Kepada Orang Tua Dalam Menentukan Karir. BroadComm, 5(2), 25-39.

Safinah, V., Marsofiyati, M., & Fidhyallah, N. F. (2023). Hubungan Harga Diri Dan Dukungan Sosial Dari Orang Tua Dengan Kematangan Karir Mahasiswa. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(2), 429-442.

Syarafina, F. F., & Andriani, R. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Orangtua terhadap Perencanaan Karir Siswa serta Implikasi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3(2), 63-68.

Sarwono, S. W., & Meinarno, E. A. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Kencana prenada media droup.

Savickas, M. L. (1984). Career Maturity: The Construct and its Measurement. Vocational Guidance Quarterly, 32(4), 222–231.

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2011). Revision of the Career Maturity Inventory: The Adaptability Form. Journal of Career Assessment, 19(4), 355–374.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi ke-3, Cetakan ke-4). CV Alfabeta.

Super, D. E. (1990). A life-span, life-space approach to career development. In D. Brown & L. Brooks (Eds.), Career Choice and Development (2nd ed., pp. 197-261). San Francisco: Jossey-Bass.

Wahyu, R., & Purwanti, H. (2020). Career concern dan pengaruhnya terhadap perencanaan karir siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 6(2), 110-119.

Zacher, H., & Frese, M. (2009). Remaining time and opportunities at work: Relationships between age, work characteristics, and occupational future time perspective. Psychology and Aging, 24(2), 487-493.

Zimbardo, P. G., & Boyd, J. N. (1999). Putting Time inPerspective: A Valid, Reliable Individual-DifferencesMetric. Journal of Personality and Social Psychology, 77(6), 1271-1288.

Downloads

Published

2025-12-01