PERAN SELF-EFFICACY DAN SCHOOL CLIMATE DALAM MENINGKATKAN STUDENT SUBJECTIVE WELL-BEING

Authors

  • Siti Fatonah Universitas Malahayati
  • Asri Mutiara Putri Universitas Malahayati
  • Supriyati Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v8i2.6278

Keywords:

self-efficacy, school climate, kesejahteraan subjektif siswa, siswa SMA, psikologis siswa

Abstract

Latar belakang: Kesejahteraan subjektif siswa merupakan aspek penting dalam keberhasilan psikologis dan akademik siswa, namun sering kali terabaikan dalam program pengembangan sekolah.

Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan school climate terhadap kesejahteraan subjektif siswa SMA di Kota Bandar Lampung.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sebanyak 200 siswa SMA dipilih menggunakan teknik quota sampling. Instrumen yang digunakan yaitu Student Subjective Well-Being Questionnaire (SSWQ), General Self-Efficacy Scale (GSE), dan Skala School Climate yang telah disesuaikan dengan Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy dan school climate secara simultan berpengaruh signifikan terhadap student subjective well-being. Secara parsial, kedua variabel juga memiliki pengaruh positif yang signifikan. Temuan ini menunjukkan pentingnya pengembangan self-efficacy dan iklim sekolah yang positif dalam meningkatkan kesejahteraan siswa. Sekolah diharapkan merancang intervensi yang dapat meningkatkan keyakinan diri siswa serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman, suportif, dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, K.-A., Vella-Brodrick, D. A., & Waters, L. (2021). School belonging and the role of social and emotional competencies in fostering an adolescent’s sense of connectedness with their school. In E. Frydenberg, A. J. Martin, & R. J. Collie (Eds.), Social and emotional learning in Australia and the Asia-Pacific (pp. 83–100). Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3394-0_5

Bradshaw, C. P., Waasdorp, T. E., Debnam, K. J., & Lindstrom Johnson, S. (2014). Measuring school climate in high schools: A focus on safety, engagement, and the environment. Journal of School Health, 84(9), 593–604.

Cahyono, M. Y. M., Chrisantiana, T. G., & Theresia, E. (2021). Peran student well-being dan school climate terhadap prestasi akademik pada siswa SMP Yayasan “X” Bandung. Humanitas: Jurnal Psikologi, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.28932/humanitas.v5i1.3523

Demirli, A., Türkmen, M., & Arık, R. S. (2015). Investigation of dispositional and state hope levels’ relations with student subjective well-being. Social Indicators Research, 120(2), 601–613. https://doi.org/10.1007/s11205-014-0607-9

Diener, E., & Oishi, S. (2018). Advances in the science of subjective well-being. Collabra: Psychology, 4(1), 139–148. https://doi.org/10.1525/collabra.115

Hemasti, R. A. G., Sadijah, N. A., Gojali, A. P., & Pratiwi, K. (2024). Pengaruh self-efficacy dan dukungan sosial terhadap student well-being di SMA N 4 Karawang. Journal on Education, 6(2), 11685–11694.

Huebner, E. S., Hills, K. J., Jiang, X., Long, R. F., Kelly, R., & Lyons, M. D. (2014). Schooling and children’s subjective well-being. In A. Ben-Arieh et al. (Eds.), Handbook of child well-being: Theories, methods and policies in global perspective (pp. 797–819). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/978-90-481-9063-8_26

Istiqomah, N., & Alwi, M. A. (2022). Self-esteem dan subjective well-being pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 2(2), 22–32.

Linggi, A. I., & Waji, R. S. (2024). Student well-being ditinjau dari keberfungsian keluarga dan iklim sekolah pada siswa SMK di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional, Januari.

Mangkona, A. A. S., & Borualogo, I. S. (2022). Hubungan antara kepuasan terhadap sekolah dengan subjective well-being siswa SMP di Kota Bandung. Bandung Conference on Psychology Studies, September, 583–591. https://doi.org/10.29313/bcsps.v2i3.3673

Mulyadi. (2020). Peran keterlibatan siswa dalam kegiatan sekolah terhadap kesejahteraan subjektif siswa di Indonesia. Jurnal Psikologi Pendidikan, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.1234/jpp2020

Nidianti, W. E., & Desiningrum, D. R. (2015). Hubungan antara school well-being dengan agresivitas. Empati: Jurnal Karya Ilmiah S1 Undip, 4(1), 202–207.

Novrianto, R., Kargenti, A., & Marettih, E. (2019). Validitas konstruk instrumen General Self-Efficacy Scale versi Indonesia. Jurnal Psikologi, Juni. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943

Nuraripiniati, N., & Sabriani, I. (2020). Pengaruh iklim sekolah terhadap subjective well-being siswa SMP di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, Agustus, 1–6. https://doi.org/10.29313/.v6i2.22343

Pekrun, R., Lichtenfeld, S., Marsh, H. W., Murayama, K., & Goetz, T. (2019). Achievement emotions and academic performance: Longitudinal models of reciprocal effects. Child Development, 88(5), 1653–1670. https://doi.org/10.1111/cdev.12704

Prima, J. P., Pertiwi, E. W., Wilantika, R., & Andini, R. C. (2024). Hubungan antara iklim sekolah dengan school well-being pada siswa SMK X. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 165–179.

Rapti, D. (2015). School climate as an important component in school effectiveness. Academicus International Scientific Journal, 8(69), 110–125. https://doi.org/10.7336/academicus.2013.08.06

Rasmitadila, R., et al. (2021). Pengaruh iklim sekolah terhadap kesejahteraan psikologis siswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.1234/jpi2021

Renshaw, T. L., Long, A. C. J., & Cook, C. R. (2015a). Assessing adolescents’ positive psychological functioning at school: Development and validation of the student subjective wellbeing questionnaire. School Psychology Quarterly, 30(4), 534–552. https://doi.org/10.1037/spq0000088

Renshaw, T. L., Long, A. C. J., & Cook, C. R. (2015b). Assessing adolescents’ positive psychological functioning at school: Development and validation of the Student Subjective Wellbeing Questionnaire. School Psychology Quarterly, 29(3).

Sahir, S. H. (2022). Buku ini ditulis oleh dosen Universitas Medan Area. Hak cipta dilindungi undang-undang dan telah di-deposit ke repository UMA pada tanggal 27 Januari 2022.

Schwarzer, R. (1995). The General Self-Efficacy Scale (GSE). https://userpage.fu-berlin.de/~health/engscal.htm

Setyahadi, S. Y., & Yanuvianti, M. (2017). Studi deskriptif mengenai student well-being pada siswa SMA X Bandung. Jurnal Psikologi Pendidikan, 1(1), 32–37.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulsani, S., & Alwi, M. (2023). Meningkatkan keterhubungan sekolah melalui sistem pendidikan kolaboratif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(2), 101–110.

Utari, P. A., Royanto, L. R. M., & Indrasari, S. Y. (2020). Kontribusi academic self-efficacy dan iklim sekolah terhadap kepuasan hidup siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Mind Set, 8(2), 91–102. https://doi.org/10.35814/mindset.v8i02.332

Wulandari, D., Valentine, F., Melinda, M., Regilsa, M., & Andini, R. C. (2022). Pengaruh self-efficacy dalam budaya pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9875–9879.

Wyandini, D. Z., Mukminin, G. U., & Zuliana, R. (2020). Analisis psikometris skala iklim sekolah MDS3 pada siswa SMA. Jurnal Psikologi Insight, 4(1), 84–101. https://doi.org/10.17509/insight.v4i1.24599

Downloads

Published

2025-12-01