PENGARUH SELF EFFICACY DAN PROBLEM FOCUSED COPING TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK PADA MAHASISWA

Authors

  • Syifa Nurhaliza Universitas Malahayati
  • Vira Sandayanti Universitas Malahayati
  • Supriyati Universitas Malahayati

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v8i2.6277

Keywords:

Self Efficacy, Problem Focused Coping, Resiliensi Akademik, Mahasiswa

Abstract

Resiliensi akademik merujuk pada kemampuan individu untuk mencapai keberhasilan akademik meskipun menghadapi situasi yang menantang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh self-efficacy dan problem-focused coping terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melibatkan 257 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Bandar Lampung. Data dikumpulkan menggunakan instrumen Academic Resilience Scale (ARS-30), General Self-Efficacy Scale, dan Skala Problem-Focused Coping dengan model skala Likert, serta data demografi. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari self-efficacy dan problem-focused coping terhadap resiliensi akademik. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan jumlah item kuesioner yang lebih ringkas dan spesifik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainurrohmah, Utami, & Ramadhani. (2023). Hubungan problem-focused coping dengan resiliensi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi, 12(2), 45-56.

Azizah, N., & Ifdil, I. (2023). Hubungan self-efficacy dan resiliensi akademik pada mahasiswa yang menyelesaikan skripsi. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 11(1), 23-34.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A new multidimensional construct measure. Frontiers in Psychology, 7, 1787.

Dwiastuti, I., Hendriani, W., & Andriani, F. (2021). Faktor-faktor penyebab putus kuliah pada mahasiswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tinggi, 8(3), 112-125.

Fijannati, A. (2024). Tantangan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi: Studi kualitatif. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 15(1), 78-89.

Hartika, D. (2020). Pengaruh problem-focused coping terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(2), 34-45.

Imandiri, A., Widyastuti, D., & Jonosewojo, J. (2017). Permasalahan mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Jurnal Psikologi Pendidikan, 6(2), 56-67.

Jowkar, B., Kojuri, J., Kohoulat, N., & Hayat, A. A. (2014). Academic resilience in education: The role of achievement goal orientations. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 2(1), 33-38.

Kemenristekdikti. (2019). Laporan Statistik Pendidikan Tinggi 2018-2019. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kumalasari, D., & Grasiawati, N. (2020). Adaptasi Academic Resilience Scale (ARS-30) untuk konteks mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikologi Terapan, 10(1), 12-23.

Linggi, D., Hindiarto, F., & Roswita, M. (2021). Hubungan self-efficacy dengan resiliensi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(3), 89-99.

Mahesti, A., & Rustika, I. M. (2018). Self-efficacy dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 45-56.

Nasution, A. (2023). Peran problem-focused coping dalam meningkatkan resiliensi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Terapan, 13(1), 67-78.

Novrianto, R., Marettih, A., & Wahyudi, H. (2019). Adaptasi General Self-Efficacy Scale untuk mahasiswa Indonesia. Jurnal Psikometri, 8(2), 34-45.

Pitaloka, E. (2021). Pengembangan skala problem-focused coping untuk mahasiswa. Jurnal Psikologi Terapan, 11(2), 23-34.

Pitaloka, E., & Mamahit, J. (2021). Hubungan problem-focused coping dengan resiliensi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 10(3), 56-67.

Prawitasari, D., & Antika, R. (2022). Pengaruh self-efficacy terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(2), 45-56.

Pratiwi, I., & Hirmaningsih, N. (2016). Hubungan problem-focused coping dengan resiliensi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Klinis, 5(2), 78-89.

Roy, A., & Soetjiningsih, C. H. (2022). Hubungan self-efficacy dan problem-focused coping terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 23-34.

Sakdullah, M. (2021). Pengaruh self-efficacy terhadap resiliensi akademik pada mahasiswa yang menyelesaikan skripsi. Jurnal Psikologi Terapan, 10(3), 45-56.

Salam, R. (2019). Peran self-efficacy dalam pengendalian stres akademik mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 34-45.

Santrock, J. W. (2003). Psychology (7th ed.). New York: McGraw-Hill.

Sari, R. (2020). Pengaruh kecerdasan emosional dan coping strategy terhadap resiliensi akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(3), 67-78.

Triwahyuni, R., & Qodariah, L. (2022). Tingkat self-efficacy pada mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Jurnal Psikologi Terapan, 11(1), 12-23.

Wijianti, A. (2021). Pengaruh stres akademik terhadap penyelesaian skripsi mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(2), 34-45.

Zulfa, A., & Kusdiyati, S. (2024). Tingkat resiliensi akademik mahasiswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tinggi, 12(1), 23-34.

Downloads

Published

2025-12-01