PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA TIKTOK SHOP MAHASISWI PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA
DOI:
https://doi.org/10.51544/psikologi.v8i1.6006Keywords:
electronic word of mouth, keputusan pembelian, Tiktok shopAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian pada pengguna TikTok Shop di kalangan mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kausal dengan jumlah sampel sebanyak 130 mahasiswi aktif dari stambuk 2021, 2022, dan 2023 yang dipilih melalui teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, yaitu: menggunakan produk skincare, aktif di media sosial TikTok, serta pernah melakukan pembelian melalui TikTok Shop. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala Likert yang terbagi menjadi dua, yaitu skala electronic word of mouth berdasarkan aspek menurut Goyette dkk. (2010) dan skala keputusan pembelian berdasarkan teori menurut Kotler & Armstrong (2008) . Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana untuk mengukur pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, ditunjukkan dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0.000 (P < 0.05) dan nilai koefisien determinasi (r²) sebesar 0.340, yang berarti e-WOM memberikan kontribusi sebesar 34% terhadap keputusan pembelian. Nilai mean empirik electronic word of mouth sebesar 105.71 dan keputusan pembelian sebesar 50.35 lebih tinggi dari nilai mean hipotetik masing-masing. Temuan ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth memiliki peran penting dalam memengaruhi keputusan pembelian di platform TikTok Shop.
Downloads
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin., Masitas., Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodoogi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Adhitya, W. R. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Mahasiswa Di Kota Medan Pada Aplikasi Shopee. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 3(2), 142-161.
Aninditya, S., Setiadarma, A., & Irawatie, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth di Media Sosial Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc (Survei pada Followers TikTok @somethincofficial) Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 28(2), 154-162.
Anisa., Risnawati, R., & Chamidah, N. (2022). Pengaruh Word Of Mouth Mengenai Live Streaming Tiktok Shop Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2), 131-143.
Ayesha, I., Pratama, I. W. A., Hasan, S., Amaliyah., Effendi, N. I., Yusnanto, T., Diwyarthi, N. D. M. S., Utami, R. D., Firdaus, A., Mulyana, M., Fitriana., Norhidayati., & Egim, A. S. (2022). DIGITAL MARKETING (TINJAUAN KONSEPTUAL). PT. Global Eksekutif Teknologi.
Azwar, S. F. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar
Daud, A. (2011). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. AKMEN Jurnal Ilmiah, 8(4), 471-479.
Ena, M. Y., Nyoko, A. E., & Ndoen, W. M. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian di Chezz Cafenet. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299-310.
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). E-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale For E-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5–23.
Hamdat, A., Kusuma, A. M., Cahya, B. T., Sri, D., Sriwardiningsih, E., Astri, F., ... & Dwita, V. (2020). Manajemen Pemasaran & Perilaku Konsumen: Prinsip Dasar, Strategi & Implementasi. GCAINDO.
Iksyanti, D. Z., & Hidayat, A. M. (2022). Pengaruh Social Media Marketing melalui Electronic Word Of Mouth pada Platform Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Shopee. YUME : Journal of Management, 5(2), 11-18.
Kioek, M. A. C., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2022). Pengaruh Instagram dan EWOM Terhadap Minat dan Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare. BIP's Jurnal Bisnis Perspektif, 14(1), 11-28.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Ke-12. Erlangga.
Kristyani, F. L. S. P., & Jatmiko. (2023). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Luxcrime. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 187–198.
Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram dan E-WOM (Electronic Word of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101-115.
Maharani, S. D., & Puspitadewi, N. W. S. (2021). Hubungan Antara Persepsi Kosumen Dengan Keputusan Pembelian Thrift Clothes Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(2), 10-23.
Maulana, N., Saftari, I. J., & Batu, R. L. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Oleh Brand Trust Pada Bukalapak. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 5(3), 2327-2341.
Nanda, A. S. (2022). Implikasi Elektronik Word Of Mouth Dalam Membangun Trend Pembelian Thrift Pada Ecommerce. In Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(1), 171-178.
Permana, E., Eka Putri, R. S., Alfinda, P. D., & Mardhiyah, M. (2024). Strategi Pemasaran Produk Skincare Somethinc di Kalangan Generasi Z. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 7(2), 119-135.
Pratiwi, A. D., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Iklan, Dan Electronic–Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Skincare Brand Npure Di Kota Semarang). Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 7736-7746.
Prayoga, I., & Mulyandi, M. R. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 136-140.
Putri, A. K., & Junia, A. A., (2023). Pengaruh Live Streaming Dan Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Skintific Melalui Tiktokshop). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8238–8248.
Rahmah, A. N., & Setiowati, E. A. (2019). Hubungan Antara Penyesuaian Sosial Dengan Keputusan Pembelian Barang Bermerek Pada Remaja Putri Di Semarang. Proyeksi, 14(1), 94-103.
Razak, M. (2016). Perilaku konsumen. Alauddin University Press.
Safitri, I., & Indra, N. (2024). Pengaruh Harga dan E-WOM (Electronic Word Of Mouth) Melalui Media Sosial TikTok Terhadap Minat Beli Produk Skincare Skintific. Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 2(3), 193–206.
Sahan, M. Y., & Witarti, D. I. (2021). Representasi Perempuan Cantik di Media Feminis Daring Jurnal Perempuan dan Magdalene. Avant Garde, 9(02), 210-229.
Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147-155.
Septyadi, M. A. K., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301-313.
Setiyadi, I. N., Alamsyah, A. R., & Rachmawati, I. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Social Media Marketing, E-WOM, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Alzena Di Kabupaten Pati. Maker: Jurnal Manajemen, 8(2), 122-136.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Tingga, C. P., S Sos, M. M., Walmi Sholihat, S. E., Ak, M., Susanto, P. C., Tati Handayani, S. E., ... & ST, S. (2022). Seni Pemasaran Kontemporer. Media Sains Indonesia.
Viviana, C., & Candraningrum, D. A. (2018). E-Wom Oleh Kalangan Milenial Terhadap Akun@ makansampaikenyang Sebagai Pemberi Rekomendasi Kuliner. Prologia, 2(2), 270-277.
Wiska, M., Resty, F., & Fitriani, H. F. H. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya). Manajemen Dewantara, 6(2), 153-162.
Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55-69.
Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-159.






This work is licensed under a 


