LOYALITAS KARYAWAN DALAM BERBAGAI SETTING ORGANISASI: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Niken Angraini Universitas Negeri Surabaya
  • Umi Anugerah Izzati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v8i1.5903

Keywords:

loyalitas, karyawan, organisasi

Abstract

Latar Belakang: Loyalitas yang dimiliki oleh seorang karyawan yang berada di suatu organisasi sangat dibutuhkan, terutama dalam proses pencapaian tujuan organisasi. Loyalitas karyawan sangat penting untuk dibahas dengan memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhinya. Hal ini dikarenakan loyalitas yang dimiliki oleh seorang karyawan merupakan faktor penting dalam mendukung tercapainya tujuan organisasi.

Tujuan: Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perasaan loyalitas yang dimiliki oleh seorang karyawan di organisasi.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Artikel ilmiah yang digunakan dikumpulkan melalui database Google Scholars, ScienceDirect, ResearchGate, ProQuest, dan beberapa database lainnya dengan merujuk pada artikel yang dipublikasikan selama lima tahun terakhir, dengan periode dari tahun 2021-2025.

Hasil: Berdasarkan hasil literature review yang telah dilakukan, didapatkan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas karyawan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu faktor individu dan faktor organisasi: (1) Faktor individu yang terdiri dari kepercayaan karyawan, manajemen pengetahuan, berbagi pengetahuan, keterikatan karyawan, dan (2) Faktor organisasi yang terdiri dari budaya organisasi, kepuasan kerja, kepemimpinan transformasional, dan kompensasi.

Kesimpulan: Karyawan yang loyal akan cenderung berkontribusi aktif dalam proses pencapaian tujuan organisasi, sehingga perlu diperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas karyawan, yaitu faktor individu dan organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyani, D. A., Ardan, M., & Johan, H. (2024). Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Loyalitas Karyawan di Rumah Sakit Siaga Al Munawwarah Samarinda. INOVASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 11(2), 640–653.

Aristana, I. N., Arsawan, I. W. E., & Rustiarini, N. W. (2022). Employee Loyalty During Slowdown of Covid-19: Do Satisfaction and Trust Matter? International Journal of Tourism Cities, 8(1), 223–243. https://doi.org/10.1108/IJTC-03-2021-0036

Armstrong, M., & Taylor, S. (2014). Armstrong’s Handbook of Human Resource Management Practice (13th ed.). Kogan Page.

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (Second). Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Boer, N.-I. (2005). Knowledge Sharing within Organizations: A situated and Relational Perspective. Erasmus Research Institute of Management (ERIM).

Cahyani, A. R., & Izzati, U. A. (2022). Hubungan Antara Kepuasan Kerja dengan Loyalitas pada Karyawan Bagian Produksi PT. X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 10(01), 523–540.

Dessler, G. (2020). Human Resource Management (16th ed.). Pearson.

Febriyanti, A. B., & Izzati, U. A. (2024). Hubungan antara Budaya Organisasi dengan Loyalitas pada Karyawan Bagian Produksi Relationship between Organizational Culture and Loyalty in Production Employees. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 11(01), 241–255. https://doi.org/10.26740/cjpp.v11i1.61274

Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2020). Systematic Review: Meta Sintesis untuk Riset Perilaku Organisasional. Viva Victory Abadi.

Harahap, T. K., Hasibuan, S., Pratikna, R. N., Ahmad, M. I. S., Novarini, N. N. A., Widiawati, W., Sanjaya, R., Riesso, A. S., Batubara, N. A., Nurdiana, Suyanto, & Abdurrahim. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Tahta Media Group.

Hien, P. H., & Tuan, T. T. (2023). Strengthening the Link Between Organizational Culture and Employee Loyalty: Exploring the Mediating Effects of Employee Trust and Job Satisfaction. Global Business and Finance Review, 28(3), 68–84. https://doi.org/10.17549/gbfr.2023.28.3.68

Hsu, W., Chao, Y. C., & Yang, C. H. (2023). Factors influencing home care workers’ loyalty in long-term nursing services. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 1–13. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01819-3

Izzati, U. A., Handayaningrum, W., & Mulyana, O. P. (2025). Examining the Impact of Organizational Culture on Teachers’ Loyalty in Vocational High Schools. South Eastern European Journal of Public Health, 26, 1525–1536.

Juwita, K., & Khalimah, U. (2021). Konsep Dasar Membangun Loyalitas Karyawan (II). CV. Literasi Nusantara Abadi. www.penerbitlitnus.co.id

Khoa, V. D., Quang, N. Van, Dung, N. T. N., Hoa, B. T. P., & Huyen, N. T. T. (2024). Organizational Culture and Employees’ Loyalty: An Emperical Research from an University Context. International Journal of Religion, 5(6), 118–135. https://doi.org/10.61707/xz6y4808

Kumalasari, U., & Yoga, I. (2022). Peran Kompetensi Karyawan terhadap Loyalitas Karyawan dimediasi Knowledge Sharing dan Job Performance. Social Science Studies, 2(2), 149–177. https://doi.org/10.47153/sss22.3612022

Liana, Y., Megantoro, W., & Priyo S, D. (2023). Loyalitas Karyawan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Lensa Informatika Surabaya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), 821–829.

Luthans, F. (2011). Organizational Behavior (12th ed.). McGraw-Hill Irwin.

Madiistriyanto, H., & Tunnufus, Z. (2023). Manajemen Sumber Data Manusia: Mengelola Potensi Individu dalam Perusahaan. Indigo Media.

Manikotama, A. R., Lubis, H., Dwi, D., & Rahmah, N. (2022). Budaya Organisasi dan Keterlibatan Karyawan terhadap Loyalitas Kerja. Psikoborneo: Jurnal Imiah Psikologi, 10(1), 201–212. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Maulana, R., El-Hida, R., & Fahri Ramdani, M. (2024). Making Employee Loyalty: Impact of Leadership and Job Satisfaction. International Journal Of Humanities Education And Social Sciences (IJHESS), 3(6), 3253–3260. https://ijhess.com/index.php/ijhess/

Meschke, S. (2021). Employee loyalty: Intercultural comparison of European and East Asian approaches. In Employee Loyalty: Intercultural Comparison of European and East Asian Approaches. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-68425-9

Naufalia, S., Darmawan, D., Jahroni, J., Anjanarko, T. S., Munir, M., & Arifin, S. (2022). Pengaruh Quality of Work Life,Total Kualitas Manajemen dan Stres Kerja terhadap Loyalitas Karyawan. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 2(4), 114–120. https://doi.org/10.47065/jtear.v2i4.281

Nguyen, C. M. A., & Ha, M. T. (2023). The interplay between internal communication, employee engagement, job satisfaction, and employee loyalty in higher education institutions in Vietnam. Humanities and Social Sciences Communications, 10(329), 1–3. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01806-8

Pelealu, D. R. (2022). The Effect of Knowledge Management System and knowledge Sharing on Employee Performance and Loyalty. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(1), 371–389.

Putri, H. L., & Cindiyasari, S. A. (2024). The Influence Of Compensation And Work Motivation On Employee Loyalty (Case Study At PT Bukit Asam TBK. Tarahan Port Unit). Jurnal Ekonomi, 13(4), 2024. https://doi.org/10.54209/ekonomi.v13i04

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed.). Pearson Prentice Hall.

Veloso, C. M., Sousa, B., Au-Yong-Oliveira, M., & Walter, C. E. (2021). Boosters of Satisfaction, Performance and Employee Loyalty: Application to a Recruitment and Outsourcing Information Technology organization. Journal of Organizational Change Management, 34(5), 1–12. https://doi.org/10.1108/JOCM-01-2021-0015

Wardana, I. M. A., Salain, P. P. P., & Dwinata JS, I. P. W. (2024). Transformational Leadership and Employee Satisfaction on Employee Loyalty: The Mediating Role of Employee Engagement. Jurnal Manajemen Bisnis, 15(2), 314–331. https://doi.org/10.18196/mb.v15i2.22160

Wiguna, I. K. D. C., Tenaya, I. P. A., & Wardana, I. M. A. (2024). The Impact of Transformational Leadership, Employee Satisfaction, and Employee Engagement on Employee Loyalty. JMPH: Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 8(1), 292–301. https://doi.org/10.37484/jmph.080117

Downloads

Published

2025-06-28