PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK NEGERI 8 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/psikologi.v7i1.5258Keywords:
Kecerdasan, Prestasi AkademikAbstract
Disiplin adalah ketaatan seseorang terhadap aturan atau peraturan karena itu didasarkan pada kesadaran pribadi mereka sendiri tanpa tekanan dari luar, yang membantu siswa mengambil tanggung jawab atas perubahan tingkah laku mereka. Phenomena yang terjadi di bidang ini mendorong penelitian ini karena ada beberapa siswa yang memiliki tingkat disiplin yang rendah, seperti yang ditunjukkan oleh pelanggaran sering terhadap aturan sekolah, seperti tidak menyelesaikan tugas homework, tidak memakai uniform sekolah yang sesuai, dan tiba di sekolah terlalu dini. Dalam SMK NEGERI 8 Medan, Pengaruh Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Siswa menjadi pokok bahasan penelitian ini. Penelitian dilakukan di Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK NEGERI 8 Medan dengan menggunakan sampel sebanyak 43 orang dari total 175 orang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan sampling aksidental. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang digunakan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di Kelas XI Departemen Mode di SMK NEGERI 8 Medan sangat berkorelasi satu sama lain. Oleh karena itu, temuan menunjukkan bahwa ada hubungan antara keahlian siswa dan hasil belajar mereka. Hubungan yang kuat atau kuat ditunjukkan oleh analisis regression sederhana dengan coefficient of determination 0.000 dengan sig (p>0.05). Ini menunjukkan bahwa disiplin memengaruhi hasil belajar: tingkat tinggi menunjukkan hasil belajar yang lebih baik, sementara tingkat rendah menunjukkan hasil belajar yang lebih buruk.
Downloads
References
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2001), hal. 70
Agung Prayoga (2009) Pengaruh Disiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata kelas XI Sma Pgri 1 Taman Kabupaten Pemalang, Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Anas Salahudin, Pendidikan Karakter, (Bandung: Pustaka Setia, 2013). 244
Arikunto, Suharsimi. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Balai Pustaka, Jakarta, 2002), 268.
Dezi Pramushinta,(2017)Psikologi Pendidikan. Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 3 Pekaja Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas . Diakses dari http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2911
Ekosiswoyo, Rasdi. 2002. Manajemen Kelas. Semarang: IKIP Semarang Press.
Emma Siti Fatimah (2012) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Aqidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (Mtsn) Garawangi Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan, Cirebon
Fara Hamdana dan Alhamdu (2015) Subjective Well-Being Dan Prestasi Belajar Akselerasi MAN 3 Palembang. Jurnal Psikologi Islami Vol. 1 No. 2
Hartina (2020). Psikologi Pendidikan. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 15 Salolo . Diakses dari http://repository.uncp.ac.id/522/
Ike Susanti (2019) Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMPN 2 Ampek Nagari, Bukittinggi
Imam Alimaun, (2015) Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Daerah Binaan R.A. Kartini Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo.
Khafid, Muhammad dan Suroso. (2007). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Semarang: UNNES Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No. 2
Nasiruddin Al Amin, (2010) Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Di Sma Nurul Islami Semarang Tahun Ajaran 2009/2010
Ngainun Nikmah, (2017) Peningkatan Kedisiplinan Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management pada Siswa Kelas VIII B Di Smp N 02 Suruh Tahun Ajaran 2016/2017
Partono, Tri Minarni (2006) Pengaruh Disiplin Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi,
Setiawan Fajar (2011) Sejarah Singkat SMK NEGERI 8 MEDAN. Diakses dari : www.smkn8-medan.sch.id
Siti Jariyah, (2011) Pengaruh Disiplin Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 25 Pekanbaru
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D Cetakan
Ke-1 Bandung. Penerbit Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2000, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: PT Rineka Cipta, h. 155
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2010), 231-232
Sumber Data: TU Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Medan.
Syaiful Bahri Djamarah, Rahasia Sukses Belajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2008), hlm. 17
Sylvia Rimm, Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah, (Jakarta: PT Gramedia, 2003), 79.
The Liang Gie, Cara Belajar yang efisien, (Yogyakarta:Gajah Mada University Press, 1997), 51
Tulus Tu’u, Peran disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa,(Jakarta:PT. Gramedia Widiasarana Indonesia ,2004), 48.
Tunggal (dalam solihin,2017) Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003, pasal 1 ayat 4
Yayuk Susanti.(2018) Psikologi Pendidikan .Hubungan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan Banyuasin III. Diploma Thesis, Upt Perpustakaan Uin Raden Fatah Palembang. Diakses dari : http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/3181
Yopi Juliandi, (2014) Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Smas Taman Mulia