PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP PRILAKU BULLYING PADA SISWA DI SEKOLAH SMK NEGERI 3 MEDAN

Authors

  • Tri Wulandari Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Jihan Diafatma Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v7i1.5257

Keywords:

Perilaku Bullying, Konsep Diri

Abstract

Bullying dapat didefinisikan sebagai perlakuan atau tindakan buruk terhadap seseorang dengan niat baik secara mental maupun fisik terhadap pelakunya. Bullying juga merupakan salah satu masalah sosial yang paling umum terjadi pada anak sekolah. Studi ini berjudul Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Bullying Siswa SMK Negeri 3 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah konsep diri mempengaruhi perilaku terhadap pelaku pelecehan. Studi ini dilakukan di kelas XI SMK Negeri 3 Medan, di mana 57 siswa menjadi sampel dari total 378 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri memengaruhi perilaku pelecehan dengan kategorisasi korelasi yang tinggi. Penemuan tersebut juga menunjukkan bahwa pengaruh konsep diri terhadap perilaku pelecehan memiliki nilai korelasi/hubungan (R) sebesar 0,935. Selain itu, koefisien determinasi, yang merupakan konsekuensi dari suatu variabel bebas, dihitung. Ketika R dikurangi, kita mendapatkan R square (R2) sebesar 0,874, yang menunjukkan bahwa konsep diri mempengaruhi 8,74% varians perilaku bullying pada siswa SMK Negeri 3 Medan, sedangkan faktor lain mempengaruhi sebesar 12,6%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, F. (2020). Hubungan antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Kelas XI SMK Swasta Mandiri Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Arimurti, D. (2016). Peran konsep diri dan konformitas pada tingkat perilaku bullying (Doctoral dissertation, Universitas Tarumanagara).

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Balazky S, S. (2019). Hubungan Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal pada Remaja Kelas XI di SMA Kemala Bhayangkari 1 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Handini, F. (2010). Hubungan konsep diri dengan kecenderungan berperilaku bullying siswa SMAN 70 Jakarta.

Harahap, E., & Ika Saputri, N. M. (2019). Dampak Psikologis Siswa Korban

Bullying Di Sma Negeri 1 Barumun. RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 68. https://doi.org/10.31604/ristekdik.v4i1.68-75

Harefa, P. P. P., & Rozali, Y. A. (2020). Pengaruh dukungan sosial terhadap konsep diri pada remaja korban bullying. JCA of Psychology, 1(01).

Kholifah, S. (2019). Pengaruh Bullying terhadap Konsep Diri Remaja di SMK Kesehatan Kendedes Malang. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2).

Khoirunisa, R. (2015). Konsep diri remaja korban bullying. Jurnal Bimbingan

dan Konseling. 10 (4)

Kowalski, R. M., & Morgan, M. E. (2017). Cyberbullying in Schools. The Wiley

Handbook of Violence and Aggression, 1–12.

Rilla, E. V. (2018). Hubungan Bullying dengan Konsep Diri Remaja di SMP Negeri 5 Garut Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 9(2), 66-74.

Rompas, C., & Sitompul, M. (2020). HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP ADVENT 1 JAKARTA. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 135-144.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,kuantitatif R&D cetakan ke-I Bandung, Penerbit Alfabeta.

Wicaksana, A. I. (2017). Hubungan antara kontrol diri dan perilaku bullying di Sekolah.

Wijayanto, G. A. (2020). PENGARUH BULLYING TERHADAP KONSEP DIRI PADA REMAJA DI SMPN 29 SEMARANG (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

Zahraini, D. A. (2019). Model Program Intervensi Anti Bullying berbasis Sekolah. 15(2).

Downloads

Published

2024-06-24