KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN PENCAPAIAN AKADEMIK SISWA DI SMP NEGERI 1 DELITUA

Authors

  • Yantrina Nehe Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Siska Dwi Ningsih Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/psikologi.v6i1.5239

Keywords:

Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Perubahan energi yang terjadi pada diri seseorang, yang ditandai dengan "perasaan" dan didahului dengan tanggapan terhadap tujuan, dikenal sebagai motivasi. Motivasi dapat memainkan peran penting dalam setiap hal, termasuk belajar. Tidak ada kegiatan yang nyata jika tidak ada motivasi. Prestasi adalah bukti keberhasilan. Prestasi belajar adalah hasil terbaik setelah melakukan upaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendorong keinginan dan keinginan para siswa untuk meningkatkan prestasi belajar mereka sehingga tujuan pendidikan yang diharapkan dapat dicapai dan dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi; maksudnya adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara variabel indenpenden dan variabel dependen. dengan sampel 63 orang yang dipilih oleh peneliti sendiri. Hasil penelitian motivasi belajar menunjukkan bahwa rxy = 0,135; P = (-145) (< 0,05), yang menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa lebih baik. Ada juga hasil korelasi antara motivasi belajar dan prestasi siswa di SMP Negeri 1 Delitua, dengan angka 0,470 (p < 0,05), yang menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muafiah, A. F. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas Viiia Di Smp Negeri 3 Bandar Lampung. In Αγαη (Vol. 8, Issue 5).

Nurhuda, H. (2022). Faktor Dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems, Factors and Solutions. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 127–137.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, November, 289–302.

Downloads

Published

2023-06-20