PENGARUH PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PENANGANAN KEKERASAN VERBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI 1 DELITUA
DOI:
https://doi.org/10.51544/psikologi.v6i1.5237Keywords:
Peran guru bimbingan dan konseling, Penanganan kekerasan verbalAbstract
Kekerasan verbal dapat diartikan sebagai bentuk tindakan ucapan yang mempunyai tujuan untuk menghina, membentak, memaki, dan menakuti serta mengerluarkan kata-kata yang tidak pantas. Kekerasan verbal juga salah satu masalah sosial yang banyak ditemukan di kalangan anak sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan judul Pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap penanganan kekerasan verbal pada siswa di SMP Negeri 1 Delitua. Tujuan Penelitan ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh antara peran guru bimbingan dan konseling terhadap penanganan kekerasan verbal. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Delitua dengan jumlah sampel penelitian 45 siswa dengan jumlah populasi 226 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap penanganan kekerasan verbal dengan kategorisasi regresi yang tinggi. Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa pengaruh peran guru bimbingan dan konseling terhadap penanganan kekerasan verbal besarnya nilai regresi/pengaruh (R) yaitu sebesar 0,538 dan dijelaskan besarnya presentase pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang disebut koefisein determinasi yang merupakan hasil dari penguadratan R diperoleh R square (R2) Sebesar 0,289 yang berarti 2,89% varians penanganan kekerasan verbal pada siswa SMP Negeri 1 Delitua di pengaruhi oleh peran guru bimbingan dan konseling.
Downloads
References
Aulia, Y., & Sari, I. (2020). Model Pelaksanaan Bimbingan Konseling Holistik dan Integratif pada Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 9(2), 122-129.
Djaali. (2010). Konseling Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif R&D cetakan ke-I Bandung, Penerbit Alfabeta.
Titik Lestari. (2016). Pentingnya Peran Guru Dalam Pencegahan Kekerasan Verbal Terhadap Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), 620-624.