PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD DOLOKSANGGUL

Authors

  • Dewi Purba STIKes Kesehatan Baru Doloksanggul
  • Crisna Lumbangaol STIKes Kesehatan Baru Doloksanggul
  • Fransiska Debataraja STIKes Kesehatan Baru Doloksanggul

DOI:

https://doi.org/10.51544/jkmlh.v10i1.6009

Keywords:

Kualitas Pelayanan Administrasi, Kepuasan Pasien, Rawat Jalan

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat terpenuhinya layanan kesehatan yang optimal dan pemenuhan kebutuhan pasien. Sehingga hal ini menjadi aspek yang sangat diperhatikan dan dievaluasi jika terjadinya ketidakpuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan administasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Doloksanggul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain observasioanl analitik dengan cross-sectional. Penelitian ini memiliki populasi yakni pasien rawat jalan RSUD Doloksanggul dengan jumlah sampel 96. Tekniknya adalah menggunakan accidental sampling dengan rumus Lemeshow. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen, dengan analisia data univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menyatakan nilai p-value bukti fisik, empati, kehandalan, kesigapan dan jaminan masing-masing sesar (0,000 ≤0,05), artinya terdapat hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien. Kesimpulannya adalah kedua variabel memiliki pengaruh yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng Rizky Arinda, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Dr.Gl.Tobing Tanjung Morawa.

Agung Wijayanto, 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kasir Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sragen. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta, Tidak Dipublikasikan.

Amalia, D., & Rachmawati, D. A. (2018). Hubungan Indeks Kepuasan Pasien tentang Mutu Pelayanan Dimensi Kehandalan dengan Minat Berobat Kembali di RSD Kalisat Kabupaten Jember ( Correlation betweenPatient Satisfaction Index in Reliability of Service Quality and Utility at RSD Kalisat Jember ). E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 6(2), 278–284.

Amelia, M. (2018). Pengaruh Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Usu. Proposal strata satu. Universitas Sumatra Utara, Sumatra Utara.

Badri, M.A., S. Attia dan A.M. Ustadi. (2008). Healthcare quality andmoderators of patient satisfaction: testing for causality. International Journal of Health Care Quality Assurance Vol. 22 No. 4, pp. 382-410.

Desi Yanti, Fahrisal Akbar, Wardiati (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Poli Penyakit Dalam Dirumah Sakit TK II Iskandar Muda Kota Banda Aceh. Journal of Health and Medical Science.

Dewi, Mutia. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Rumah Sakit Rehabilitasi Medik Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(2), 535-544.

dr. Arif Kurniawan, (2017). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Pasien Rawat Jalan di RS Paru dr. Ario Wirawan Salatiga.

Fitzimmons, 2014.Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah. Bandung: Jurnal Ilmiah Kursor Vol 2, No.5.

Goldberg, A. (1996). Hospital Departemen Profil. USA: American Hospital Publishing, Co. INC.

Gonzales. (2007).Cultur, Diseas and Healing Studies in Medical Anthropology. NewYork: Millan Publishing, Co.INC.

Gunawan , Y. I., & Saragih, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Medis Dan Inovasi Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Manajemen Kewirausahaan.

Handajani, D. O., & Furi, F.E. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kirana Sepanjang Sidoarjo. Warta Bhakti Husada Mulia. 02.

Hartati, N. (2017). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. Pustaka Setia.

Javed, S.A., Liu, S., Mahmoudi, A., Nawaz, M. (2019). Patients’ satisfaction and public and private sectors’ health care service quality in Pakistan: Application of grey decision analysis approaches. International Journal of Health Planning and Management, 34(1), e168–e182. https://doi.org/10.1002/hpm.2629

Karmadi, K., Lieskusumastuti, A., Nurhayati, I., Widiyanto, A., & Atmojo, J. (2023). Meta-Analisis Pengaruh Empati dalam Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(3), 1209-1218. https://doi.org/10.37287/jppp.v5i3.1748

Kartikasari, D. (2019). Administrasi Rumah Sakit. Malang : Wineka Media. Kasmir. (2017). Customer Services Excellent. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lena, F.E.M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien. Skripsi strata satu. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Liany, A. B. &, Juni,T (2018). Pengaruh Tangibles, Responsiveness, Empathy Dalam Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karanganyar. Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017_. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt . Sucofindo Jurnal of Busines Administration 1(2).

Lukiyana,& Arsinta. (2018). Pengaruh Pelayanan Tenaga Administrasi Dan Kualitas Kerja Tenaga Medis Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Yang Dimoderasi Oleh Kepercayaan Pasien. Jurnal Business Management, 1- 73.

Mardina, M.,Ilmi,M.B., Octa, & Viana,E.S.L. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Pada Bagian Pendaftaran Di Wilayah Kerja Puskesmas Pelambuan Banjarmasin Tahun 2021. Universitas Islam Kalimantan MAB.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia.(2008). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta.

Merry Christiani Nababan, Renny Listiawaty, Novi Berliana. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ).

Nabilah, M. (2021). Tingkat Kecemasan Petugas Radiografer Dalam Pemeriksaan Foto Rontgen Pada Pasien Covid-19 di Instalasi Radiologi RSUD Arifin Achmad Pekanbaru .p. 11.

Nasehudin, T.S., Gozali, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV Pustaka Setia.

Negari, A. R. D. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas 1 Melaya Jembrana Bali. Proposal strata satu. Universitas Muhammadiyah Surabaya.Surabaya.

Notoatmodjo, S. 2018, Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Noor, F,V. (2020). Pengaruh KualitasPelayanan Terhada pKepuasan Pelanggan PT Herbal Penawar Alwahida Indonesia. Proposal strata satu. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Permenkes Republik Indonesia.2019. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Standar Teknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Jakarta.

Permenkes Republik Indonesia.2019. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.

Permenkes Republik Indonesia.2020. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.

Peraturan Presiden Republik Indonesia.(2015). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 77 Tahun 2015 Tentang Pedoman Organisasi Rumah Sakit. Jakarta.

Pratiwi, Siska dan Susanto. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Sultan Immanudin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah. Jurnal Asosiasi Dosen Muhammadiyah Magister Administrasi Rumah Sakit Vol.2 No. 2 Juli 2016

Purnamasari, W. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Antang Kota Makasar Proposal strata satu. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Purnaningsih, T. (2018). Hubungan Disiplin Kerja Dengan Kualitas Pelayanan Prima Tenaga Administrasi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Madiun.Proposal strata satu. STIKes Bakti Husada Mulia Madiun.

Ratih, 2020. Mengenal kualitas pelayanan secara lengkap. https://tambah pinter.com/kualitaspelayanan/Tambah pintar. diaksespada 29 juli 2021.

Rireja Janari Mifa Wangi, (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Di Bagian Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun Tahun 2017.

Riyanto, S.,& Hermawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Deepublish.

Roy,R, S, B. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rs. Bahagia Makassar. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis. Volume 5, Nomor 01

Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau. (2022). Profil Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau.http://rsudarifinachmad.riau.go.id/tentang-rsud-arifin-achmad/

Salim, A. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Negeri X Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Swasta Y Di Kota Pekanbaru. Pekanbaru.

Santoso, Samiaji. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Pada RS. Roemani Muhammadiyah Semarang. Skripsi. Semarang: UNDIP.

Siahainenia, M. H. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Petugas Ruang Rawat inap Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Saparua. Tesis Pascasarjana. Universitas Hasanuddin., Makassar.

Snook, JR. D. (2001). Hospital What They are and How They Work. Maryland London: An Aspen Publication Rock Ville

Suci Rhamdilla Sheandy, (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Bagian Rawat Jalan Puskesmas Kalapanunggal.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, N. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Klinik Khitanan Paramedika Bandung. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 136-146.

Suryakerta. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komitmen Kerja Terhadap Kepuasan. SECAD secretary Administration Journal .

Undang-Undang Menteri Kesehatan Republik Indonesia.(2008). Undang-Undang Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129 Tahun 2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia. (2009). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jakarta.

Wanarto, G.B. (2013). Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Oleh Pelanggan. Jawa Timur. ForumI lmiah Kesehatan (FORIKES).

Wangi, R. J. M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Di Bagian Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. Proposal strata satu.STIKes Bhakti Husada Mulia Madiun. Madiun.

Wilhelmina Kosnan, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA) Volume 21

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Purba, D., Lumbangaol, C., & Sinaga, M. (2025). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD DOLOKSANGGUL. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN HIDUP, 10(1), 40–53. https://doi.org/10.51544/jkmlh.v10i1.6009