PENGARUH PEER TEACHING TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA MURID MIN MESJID RAYA BANDA ACEH
Main Article Content
Abstract
Kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang rentan dihadapi oleh kelompok anak usia sekolah dasar. Dari wawancara terhadap 17 murid didapati menderita karies, hanya 5 murid yang memiliki pengetahuan yang baik dan masih ada murid acuh tak acuh tentang kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer teaching terhadap perubahan perilaku pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut. Sampel dengan menggunakan teknik total populasi sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan intervensi dilaksanakan dengan peer teaching. Desain penelitian adalah quasi experiment with pre-post control group design terhadap 2 kelompok yaitu kelompok intervensi kelas V A (40 murid) dan kelompok kontrol kelas V B (40 murid). Intervensi diberikan dua kali dan rentang waktu antara pre test dan post test selama satu bulan. Penelitian tanggal 19 Juli-06 Agustus 2019. Analisis data menggunakan uji Independent t-test dengan derajat kepercayaan (a=0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan dalam perubahan pengetahuan, sikap dan tindakan murid sebelum dan sesudah diberikan peer teaching (p=0,001). Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan perilaku murid sebelum dan sesudah diberikan peer teaching. Dengan harapan akan ada perilaku siswa yang lebih baik dalam pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut, guna mengurangi karies gigi pada anak