HUBUNGAN INTENSITAS & UNSUR PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMP SANTO BELLARMINUS BEKASI

Authors

  • Marbella Valemouren Saegaert Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus
  • Elisabeth Isti Daryati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus
  • Jesika Pasaribu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sint Carolus

DOI:

https://doi.org/10.51544/keperawatan.v8i2.6367

Keywords:

Remaja, media sosial, intensitas, unsur, kecerdasan emosional

Abstract

Latar Belakang: Media sosial kini menjadi wadah utama bagi remaja dalam berkomunikasi dan mencari hiburan. Namun, penggunaan yang berlebihan berpotensi memengaruhi perkembangan kecerdasan emosional mereka. Kecerdasan emosional sendiri memiliki peran penting dalam kemampuan individu untuk mengenali, mengelola, serta mengekspresikan emosi secara tepat, sekaligus membangun relasi sosial yang sehat.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas dan unsur penggunaan media sosial dengan kecerdasan emosional pada remaja.

Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasi dan metode cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 135 siswa kelas VIII dan IX yang ditentukan melalui teknik total sampling. Instrumen yang digunakan meliputi kuesioner kecerdasan emosional (33 item), intensitas penggunaan media sosial (5 item), dan unsur penggunaan media sosial (7 item) yang telah diuji validitas serta reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan uji Kendall’s tau-c.

Hasil: Sebagian besar responden memiliki intensitas penggunaan media sosial yang sering (68,1%), unsur penggunaan media sosial tergolong baik (64,4%), dan tingkat kecerdasan emosional sedang (61,5%). Terdapat hubungan bermakna antara intensitas penggunaan media sosial (p=0,035) dan unsur penggunaan media sosial (p=0,018) dengan kecerdasan emosional.

Kesimpulan: Intensitas dan kualitas penggunaan media sosial berpengaruh terhadap kecerdasan emosional remaja. Penggunaan yang bijak dan terarah dapat mendukung perkembangan emosional, sedangkan penggunaan berlebihan berpotensi menimbulkan dampak negatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apjii. Survei Penetrasi Dan Perilaku Internet 2023. 2023.

Rohyadi K, Wicaksono L, Fergina Program Studi Bimbingan Dan Konseling A, Universitas Tanjungpura F. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Penggunaan Media Sosial Pada Peserta Didik. 2023;12.

Kelly Y, Zilanawala A, Booker C, Sacker A. Social Media Use And Adolescent Mental Health: Findings From The Uk Millennium Cohort Study. Eclinicalmedicine. 2018 Dec 1;6:59–68.

Goleman D. Emotional Intilligence [Internet]. 2000. Available From: Www.Eiconsortium.Org

Secsio W, Putri R, Nurwati Rn, Budiarti M. 7 Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja.

Syaifuddin, Zulfan. Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Eksistensi Diri [Internet]. Vol. 3, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fisip Unsyiah. Agustus; 2018. Available From: Www.Jim.Unsyiah.Ac.Id/Fisip

Gunawan Ian, . S, Shalahuddin I. Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Gangguan Psikososial Pada Remaja: A Narrative Review. Jurnal Kesehatan. 2022 Jun 8;15(1):78–92.

Lestari F, Eriza I. Pengaruh Penggunaan Sosial Media Terhadap Kecerdasan Emosional Dikalangan Remaja. Jurnal Syntax Transformation. 2021 Aug 23;2(08):1187–93.

Keles B, Mccrae N, Grealish A. A Systematic Review: The Influence Of Social Media On Depression, Anxiety And Psychological Distress In Adolescents. Vol. 25, International Journal Of Adolescence And Youth. Routledge; 2020. P. 79–93.

Purboningsih Er, Massar K, Hinduan Zr, Agustiani H, Ruiter Rac, Verduyn P. Perception And Use Of Social Media By Indonesian Adolescents And Parents: A Qualitative Study. Front Psychol. 2023 Jan 5;13.

Schutte Ns, Malouff Jm, Bhullar N. The Assessing Emotions Scale. In 2009. P. 119–34.

Boer M, Stevens Gwjm, Finkenauer C, De Looze Me, Van Den Eijnden Rjjm. Social Media Use Intensity, Social Media Use Problems, And Mental Health Among Adolescents: Investigating Directionality And Mediating Processes. Comput Human Behav. 2021 Mar 1;116.

Semrush. Check A Website’s Traffic. 2024. Most Visited Websites .

Rizki N Jimatul. Penerapan Teori Perkembangan Sosial Dan Kepribadian Erikson Dalam Pendidikan: Pendekatan Psikososial Untuk Optimalisasi Pembelajaran. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2024 Sep 29;3(3):462–81.

Putri I, Dendi, Syukerti N, Mulyadi Ai, Maulana I. Media Sosial Sebagai Media Pergeseran Interaksi Sosial Remaja. Jurnal Komunikasi. 2022 Dec;2(2):1.

Piccerillo L, Digennaro S. Adolescent Social Media Use And Emotional Intelligence: A Systematic Review. Adolesc Res Rev. 2025 Jun 1;10(2):201–18.

Raj Masih S, Mani Tripathi K. Social Media Usage And Its Impact On The Emotional Competencies Of Undergraduate Psychology Students. Information Research Communications [Internet]. 2024;1(3):217–38. Available From: Https://Inforescom.Org

Odgers Cl, Jensen Mr. Annual Research Review: Adolescent Mental Health In The Digital Age: Facts, Fears, And Future Directions. Vol. 61, Journal Of Child Psychology And Psychiatry And Allied Disciplines. Blackwell Publishing Ltd; 2020. P. 336–48.

Sala A, Porcaro L, Gómez E. Social Media Use And Adolescents’ Mental Health And Well-Being: An Umbrella Review. Vol. 14, Computers In Human Behavior Reports. Elsevier B.V.; 2024.

Sarumaha M, Manik Rm, Borus Avb, Sitepu Ab. Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Kesehatan Mental Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal. 2024 Oct 28;15(02):333–42.

Downloads

Published

2025-12-16

How to Cite

Saegaert, M. V., Daryati, E. I., & Pasaribu, J. (2025). HUBUNGAN INTENSITAS & UNSUR PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMP SANTO BELLARMINUS BEKASI. JURNAL ONLINE KEPERAWATAN INDONESIA, 8(2), 93–100. https://doi.org/10.51544/keperawatan.v8i2.6367